Partai Golkar Langsa Dukung Upaya Menyelamatkan Tradisi “Kenduri Blang” di Aceh – afnews.co.id

ACEH

Senin, 7 Juni 2021 - 15:57 WIB

6 hari yang lalu

logo

Partai Golkar Langsa Dukung Upaya Menyelamatkan Tradisi “Kenduri Blang” di Aceh

AFNEWS.CO.ID – DPD II Partai Golkar Kota Langsa memberikan apresiasi sekaligus mendukung upaya berbagai elemen masyarakat dalam rangka menyelamatkan tradisi ‘kenduri blang’, yang telah berlangsung secara turun-temurun di Provinsi Aceh, khususnya di Kota Langsa.

Tradisi Kenduri Blang di Gampong Matang Seutui Kecamatan Langsa Timur

Dukungan ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan & Kebudayaan DPD II Partai Golkar Kota Langsa, Bahrizal Yulmi, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, kenduri blang (sawah) merupakan tradisi yang ada di Aceh sejak lama dan telah membudaya di tengah masyarakat Aceh terutama masyarakat di kawasan pedesaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, fenomena kenduri blang di Aceh telah mengalami pengikisan dan nyaris tak terlihat. Karena itu, penting dilakukan langkah-langkah preventif untuk menggalakkan kembali kenduri blang guna menyelamatkan tradisi yang ada, sebagai bagian dari budaya masyarakat di Aceh.

Baca Juga :  Ban Meledak, Truk Terjun ke Parit di Desa Alur Merbau Langsa Timur

“Kita bangga ternyata kenduri blang di Aceh khususnya di Kota Langsa masih ada sampai sekarang. Bahkan beberapa waktu lalu kenduri blang masih dilaksanakan oleh masyarakat petani di kawasan Gampong Matang Seutui Kecamatan Langsa Timur”, kata Bahrizal Yulmi.

Pada bagian lain, Bahrizal Yulmi juga berharap agar Pemerintah di Aceh untuk lebih berperan dan ikut serta dalam menggalakkan kembali tradisi atau budaya kenduri blang di Aceh khususnya di Kota Langsa.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Calon Walikota Langsa Sofyanto/Anto Jakarta, dipimpin oleh Syahrial Salim, Minggu (6/6/2021), berkesempatan menghadiri Kenduri Blang yang di laksanakan oleh para petani di Gampong Matang Seutui Kecamatan Langsa Timur. Rangkaian kegiatan kenduri blang ini diwarnai dengan doa bersama sebelum akhirnya menikmati makan siang beramai-ramai. Tak hanya para petani, sebagian besar warga setempat juga ikut serta.

Baca Juga :  Kaukus Peduli Aceh Tantang DPRA Sahkan Bendera Alam Peudeung Dalam Tempo 4 Bulan

Pada kesempatan itu, Calon Walikota Langsa, Sofyanto (Anto Jakarta) yang turun langsung dan berbaur dengan para petani di Gampong tersebut mengatakan, kenduri blang merupakan tradisi yang harus di pertahankan di Aceh khususnya di Kota Langsa. Tak hanya sebatas tradisi, nuansa kenduri blang juga dimaknai oleh Anto Jakarta sebagai bagian dari jalinan silaturrahmi guna terwujudnya persatuan dan kesatuan masyarakat.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 119 kali

Baca Lainnya