Walikota Sebaiknya Perintahkan Inspektorat Periksa Dinas Dikbud Langsa – afnews.co.id

ACEH

Kamis, 6 Agustus 2020 - 16:42 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Walikota Sebaiknya Perintahkan Inspektorat Periksa Dinas Dikbud Langsa

AFNEWS.CO.ID – Walikota Langsa Usman Abdullah disarankan agar  memerintahkan Inspektorat untuk  melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Langsa.

“Ini penting dilakukan sebagai bagian dari pengawasan internal Pemerintah Kota Langsa. Jikapun nanti Inspektorat mendapatkan temuan, kan masih bisa di perbaiki oleh dinas bersangkutan sebelum masuk ranah hukum,” demikian diungkapkan Direktur Eksekutif LSM Gadjah Puteh, Sayed Zahirsyah, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga :  Sebelum Dicopot Walikota, Direktur RSUD Langsa Ternyata Positif Corona

Dikatakan, selama Suhartini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Kota Langsa, sepertinya belum pernah dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat terkait penggunaan anggaran pada dinas dimaksud.

Seharusnya, sudah menjadi agenda rutin, setiap tahun anggaran Inspektorat mesti melakukan pemeriksaan terhadap dinas-dinas terkait di Pemko Langsa tak terkecuali Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Selama hampir dua tahun terakhir, kalau pun ada pemeriksaan Inspektorat untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Langsa, mungkin sifatnya khusus terkait penggunaan anggaran diluar DIPA, yang kasusnya pernah ditangani pihak Kejari Langsa beberapa waktu lalu, dan berakhir dengan dikembalikannya uang tersebut.

Baca Juga :  Walikota Langsa: "Ayo Tanam Pohon Agar Bumi Terselamatkan dan Jadi Amal Jariyah Kita"

“Jadi sebaiknya fungsi inspektorat di Kota Langsa harus di tingkatkan, agar penggunaan uang rakyat pada Dinas Pendidikan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan,” kata Sayed.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 716 kali

Baca Lainnya