POLITIK

Jumat, 24 Juli 2020 - 14:23 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Adi Maros, Mantan Kombatan GAM Menuju Ketua Partai Golkar Aceh Timur

AFNEWS.CO.ID – Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Aceh Timur akan segera berlangsung pada, Sabtu (26/7/2020). Sejumlah nama mulai dibicarakan dalam bursa calon ketua, termasuk calon pertahana yaitu Ir Kasad.

Namun ada yang spesial dalam bursa calon Ketua Golkar Aceh Timur kali ini, dengan munculnya figur fenomenal. Ya.. nama lengkapnya adalah Abd Hadi Abidin. Di kalangan para pemuda, tokoh masyarakat dan alim ulama di Aceh, lebih dikenal dengan sebutan Adi Maros sebagai sapaan akrab.

Siapa Adi Maros…?

Pria kelahiran Gampong Matang Perlak Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur pada 13 April 1974 ini, merupakan putra ke 4 dari 6 bersaudara, anak dari pasangan Syahbandar Abidin dan Hamidah.

Ayahnya yaitu Syahbandar Abidin, merupakan tokoh masyarakat di Aceh Timur dan pernah menjabat sebagai Geuchik di Gampong Keude Baro Lhok Nibong, selama 32 tahun. Sedangkan ibunya, Hamidah, berasal dari Gampong Tualang Kecamatan Peureulak Kota.

Adi Maros tumbuh dan besar di kalangan keluarga yang selalu menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran, jika Adi Maros selalu bersikap rendah hati terhadap sesama. Yang bersangkutan, selalu menyayangi yang lebih muda serta menghormati yang lebih tua, dan ini sudah menjadi karakter dasar di dalam diri Adi Maros.

Usai menamatkan Sekolah Teknologi Menengah (STM) Negeri Langsa di Kota Langsa pada tahun 1994, Adi Maros kembali ke kampung halamannya di kawasan Lhok Nibong Aceh Timur. Disitu, dia melihat
berbagai ketimpangan sosial dan ketidakadilan telah berlangsung lama dalam kehidupan masyarakat. Fenomena tersebut telah membangkitkan sikap patriotisme seorang Adi Maros untuk ikut berjuang membela kepentingan rakyat termasuk  demi perubahan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga :  Abd Hadi Abidin Dikukuhkan Sebagai Ketua Kadin Kota Langsa

Bergabung Dengan GAM

Hal ini di wujudkan pada tahun 1999, ketika Adi Maros bergabung dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), dan mulai mengangkat senjata untuk melawan Pemerintah Republik Indonesia atas ketidakAdilan terhadap Aceh.

4 Tahun lamanya bergelut di belantara hutan Lhok Nibong hingga Peureulak, menjadi pelajaran tersendiri bagi Adi Maros. Disadarinya, perjuangan untuk merubah nasib hidup rakyat Aceh dengan cara kekerasan (mengangkat senjata) ternyata tidak efektif. Karena itu, Adi Maros mengubah pola perjuangannya dengan turun gunung di tahun 2003 serta kembali bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan kesetiaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Adi Maros kerap melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat.

Adi Maros yang sehari- hari berprofesi sebagai seorang Pengusaha, juga tercatat aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kepemudaan, seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), dan Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Aceh.

Kini Adi Maros ingin lebih meningkatkan perannya untuk bisa membantu serta merubah kehidupan masyarakat Aceh Timur, dengan terjun ke dunia Politik.

Sebenarnya, darah politik sudah mengalir pada diri Adi Maros dari Ayahnya, Syahbandar Abidin. Semasa hidup, sang ayah merupakan kader murni Golkar dan telah mengabdi selama 30 tahun lebih untuk Partai berlambang pohon beringin tersebut.

Kini, Adi Maros berupaya melanjutkan cita-cita dan perjuangan ayahnya untuk selalu membela kepentingan rakyat melalui Partai Golkar.

Baca Juga :  Partai Golkar Pecat Bowo Sidik Pangarso yang di OTT KPK

Dalam Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Aceh Timur yang direncanakan akan berlangsung, Sabtu (25/7/2020) ini, Adi Maros sudah memantapkan diri untuk maju sebagai Calon Ketua. Suami dari Ida Fitria ini, bertekad untuk mengambil alih Kepemimpinan Partai Golkar di Aceh Timur guna mewujudkan cita-cita sang ayah yang menginginkan perubahan terhadap masyarakat Aceh Timur.

Curriculum vitae Adi Maros

Nama : ABD HADI ABIDIN
Panggilan: Adi Maros
Lahir: 13 April 1974 Di Desa Matang Perlak Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur.

Pendidikan:
– Min Lhok Nibong lulus tahun 1988
– SMP Negeri Lhoknibong lulus tahun 1991
– STM Negeri Langsa Lulus tahun1994

Isteri: Ida Fitria Amd keb.
Anak :
– Balya Alfarez
– Alya Meiranda putri
– Afdhallul Ramadhan
– Muhammad Fahd Abizhar

Pengalaman Organisasi:
– Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD II Partai Golkar Aceh Timur
– Ketua Angatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aceh Timur periode 2016-2020
– PLT Ketua KNPI Provinsi Aceh
– Sekretaris Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Aceh
– Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Langsa.

Berbagai piagam penghargaan dari DPP AMPG di raih semasa Adi Maros menjabat Ketua AMPG Aceh Timur.

Adi maros juga seorang pengusaha export import di Pelabuhan Kuala Langsa dan di percaya menjadi Ketua KADIN Langsa sejak tahun 2019. Selain itu, Adi Maros juga aktif di berbagai kegiatan sosial dan keagamaan.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 1.662 kali

Baca Lainnya