ACEH

Rabu, 20 Mei 2020 - 12:17 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Plt Gubernur Aceh Tinjau Banjir Tamiang dan Pos Perbatasan Sumut Aceh

AFNEWS.CO.ID – Pelaksana Tugas (Plt)  Gubernur Aceh Ir. H Nova Iriansyah, MT didampingi jajaran Forkopimda Aceh , Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M, Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil mengunjungi Kabupaten Aceh Tamiang , Selasa (19/5/2020) guna melihat langsung kondisi terkini bencana alam  banjir dan tanggul yang jebol di Desa Teluk Halaban Kecamatan  Bendahara Aceh Tamiang.

Nova Iriansyah menyampaikan kehadiran dirinya bersama  Forkopimda Aceh untuk meninjau  langsung bencana banjir dan tanggul yang jebol yang bisa mengganggu urat nadi perekonomian, pertanian dan perikanan masyarakat diwilayah ini.

Nova juga menyampaikan akan segera membangun  memperbaiki kembali secepatnya tanggul yang jebol ini dan  apabila nantinya sudah selesai tolong dijaga dirawat sehingga bisa bertahan lama .

” Ini semua adalah bantuan kepada masyarakat kita yang tinggal khususnya di wilayah Kecamatan Bendahara,” sebut Nova.

Disisi lain harapannya, Plt Gubernur Aceh ini juga mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan  1441 Hijriah meski dalam situasi dan  kondisi penuh keprihatinan karena negara kita saat ini sedang dilanda  pandemi Covid-19 .

Sementara itu perwakilan tokoh masyarakat setempat,Mat Lazim yang juga Kepala Mukim Hilir Bendahara menyampaikan permohonan penambahan tinggi tanggul ini lebih kurang 6 meter mengalihkan arus sungai ketempat lain agar tidak terjadi banjir lagi ditempat kami ini khususnya Desa Teluk Halban, Desa Teluk Kepayang, Desa Rantau Pakam dan desa desa tetangga sekitarnya.

Mat Lazim juga menyampaikan keluhan warga masyarakat agar mereka diijinkan untuk membuka lahan tanah kosong yang ada diwilayah desa mereka untuk dibuat lahan persawahan.

“Sudah sering  permintaan ini kami sampaikan ke pemerintah akan tetapi sampai saat ini  belum ada jawaban,” sebutnya.

Sebelumnya Bupati Aceh Tamiang Mursil menyampaikan  terimakasih atas kunjungan kerja Plt. Gubernur Aceh, Pangdam IM, Kapolda Aceh dan unsur Forkopimda Aceh dalam meninjau langsung bencana banjir dan tanggul yang jebol di Desa Teluk Halaban Bendahara ini.

Papar Bupati,  sungai Tamiang merupakan aungai terpanjang di Aceh Tamiang yang mengitari perbatasan dengan Kabupaten Aceh Timur.

Sering terjadinya banjir musiman kalau sudah meluap langsung ke pemukiman  penduduk yang tinggal dekat berbatasan dengan pinggiran Sungai Tamiang , kemudian di hilir pantai dan laut berbatasan dengan Selat Malaka, Negara tetangga  Malaysia dan Thailand.

“Kedatangan Plt. Gubernur Aceh ini, kami warga masyarakat Aceh Tamiang sangat merasa senang, bangga dan terobati atas kehadiran Pimpinan kami ini,” sebut Mursil.

Dalam kunjungan ini Plt. Gubernur Aceh dan rombongan Forkopimda memberikan bantuan secara simbolis berupa sembako dan pakaian dari Pemprov  Aceh yang diterima langsung oleh warga masyarakat di tiga desa masing masing Teluk Halaban, Desa. Teluk Kepayang dan Desa Rantau Pakam.

Tinjau Pos Covid 19

Usai dari lokasi banjir, Plt Gubernur Aceh dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pos Covid-19  di Terminal Terpadu II B  Kota Kuala Simpang  Aceh Tamiang.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan bahwa atas masukan dari beberapa kalangan baik DPRA, DPRK Aceh Tamiang dan masyarakat bahwa Pos Covid – 19 harus berdiri di perbatasan Aceh – Sumatera Utara maka perlu dibuat  fapur umum untuk keperluan para relawan.

Selanjutnya Plt Gubenur Aceh, Pangdam IM dan Kapolda Aceh memberikan bingkisan sembako kepada relawan Pos Covid 19.

Hadir mendampingi Plt Gubernur Aceh dan Forkopimda Asops Kasdam IM Kolonel Inf Wahyu Dili Yudha Irawan, M.Sc.,M.A. Danrem 011/LW, Kolonel Inf Purmanto, Kadinsos Aceh Drs. H. Alhuddri MM, Wakajati Aceh Ermut Akhmadi, SH, Ketua DPR Aceh H. Dahlan. Jamaluddin, S. IP, Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos, M. I. Pol. Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan. S.I.k, Ketua DPRK Aceh Tamiang Suprianto, ST, Kasi Ops Rem 011/LW Mayor Inf Andri  Sagita Putra,  Wakapolres Atam Kompol M. Nuzir, S.Sos, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Padlon SH dan lainnya.(Edy)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 2619 kali

Baca Lainnya