HUKUM

Rabu, 27 Mei 2020 - 23:19 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Partai Keadilan Sejahtera dan Ketua DPRK Aceh Timur Terancam di Gugat ke Pengadilan

AFNEWS.CO.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ketua DPRK Aceh Timur, dikabarkan akan di gugat ke Pengadilan, terkait rencana melakukan Pengganti Antar Waktu (PAW) terhadap SAG (Anggota DPRK Aceh Timur) yang kini sedang ‘bergelut’ melawan proses hukum dalam kasus narkotika.

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh Timur, sebelumnya melalui surat nomor: 009/K/AA-13/PKS/1441 tanggal 13 Mei 2020, telah mengajukan surat ke DPRK Aceh Timur perihal Pengajuan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRK Aceh Timur dari partai tersebut.

Menindaklanjuti surat dari Partai Keadilan Sejahtera, DPRK Aceh Timur kemudian menyurati Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, perihal Permintaan Nama PAW Anggota DPRK Aceh Timur.

Dalam surat nomor: 146/563 yang ditandatangani oleh Ketua DPRK Aceh Timur, Muhammad Daud, tanggal 19 Mei 2020, Dewan meminta KIP Aceh Timur untuk segera memproses dan menyampaikan nama calon PAW yang akan menggantikan Syahrul A Gani (SAG), sesuai daftar peringkat perolehan suara Partai yang bersangkutan.

Menyikapi hal tersebut, Kuasa Hukum SAG, Muslim A Gani SH, Rabu (27/5/2020) mengatakan, DPRK Aceh Timur tak pahami aturan PAW.

Surat Ketua DPRK Aceh Timur Nomor: 146/563 tertanggal 19 Mei 2020 tentang Permintaan nama PAW Anggota DPRK Aceh Timur, dinilai keliru.

Tim Kuasa Hukum SAG yang terdiri dari, Muslim A Gani, Misra Purnamawati, Dian Yuliani dan Muhammad Iqbal, kepada AFNEWS menyatakan, Surat yang ditandatangani Ketua DPRK Aceh Timur itu terlalu premature.

” Ini negara hukum bukan kekuasaan. Semua kita jika masih mau tinggal di Indonesia, ya harus tunduk kepada hukum nasional yang berlaku terkait PAW anggota dewan. Kita ada PKPU No 6 Tahun 2019 Perubahan PKPU No.6 Tahun 2017 tentang PAW. Baca saja Pasal 23 ayat (8).” Ujar Muslim A Gani.

Tapi terkait PAW anggota Dewan, Muslim A Gani menegaskan bahwa ketua PKS Aceh Timur tidak berhak mengajukan Pergantian Antar Waktu terhadap SAG yang sedang dalam proses hukum di Pengadilan Negeri Idi.

Jadi, mari hormati proses hukum yang sedang berjalan. Apalagi, Ketua PKS dan calon PAW itu juga belum selesai proses hukum yang melibatkan mereka.

Karena, ada kejanggalan dalam proses penangkapan SAG dalam kasus sabu. Dimana, Ketua PKS Aceh Timur dan Calon PAW berinisial SM, masih diduga sebagai pihak yang merekayasa barang Narkotik di mobil anggota Dewan SAG.

“Kita pegang bukti, makanya kami pihak keluarga menuntut supaya bisa dibuka transkrip pembicaraan mereka baik sesaat sebelum melakukan kejahatan itu, maupun sesudah. Semua tergambar di Call Data Record. Masalahnya, ada tidak penegak hukum di Aceh mau buka itu. Kalau tidak benar apa yang saya katakan ini, dihukum gantung pun saya siap,” ujar Muslim

Karena itu, Muslim A Gani meminta Panwaslih Aceh Timur dan Panwaslih Propinsi Aceh untuk mengawal proses PAW tersebut sesuai dengan Undang Undang.

Menurutnya, untuk melakukan PAW terhadap SAG maka harus menunggu putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap ( inckrah). Jika tidak, maka Partai Keadilan Sejahtera dan Ketua DPRK Aceh Timur Terancam akan dipengadilankan.

“Kita liat saja, film ini kan masih panjang dan kami tak akan berhenti dalam kasus itu sampai keadilan itu kami temukan,” demikian Muslim A Gani.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 1628 kali

Baca Lainnya