ACEH

Rabu, 20 Mei 2020 - 21:22 WIB

2 minggu yang lalu

logo

BPI KPNPA RI Dukung Reposisi APBA Demi Selamatkan Ekonomi Rakyat Aceh

AFNEWS.CO.ID – Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelanggara Negara dan Pengawasan Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Provinsi Aceh, mendukung gagasan yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Aceh Legal Consul (ALC), Muslim A Gani, tentang upaya untuk mereposisi APBA/APBK tahun 2020 ke posisi semula.

Ketua BPI KPNPA RI Provinsi Aceh Chaidir Hasballah didampingi Sekretarisnya T.Syafrizal, Rabu (20/5/2020) mengatakan, Pemerintah di Aceh harus mengkaji kembali kemungkinan untuk dilakukannya reposisi APBA/APBK 2020, guna kepentingan penyelamatan ekonomi rakyat.

“Kita setuju agar Pemerintah di Aceh mereposisi APBA/APBK 2020. Ini mengingat perkembangan kasus  Covid-19 di Aceh sudah mulai mereda. Sekarang saatnya kita lanjutkan kembali pembangunan ekonomi rakyat yang sempat terhenti, dikarenakan refocusing anggaran sesuai Peraturan yang dikeluarkan sebelumnya oleh  Pemerintah Pusat untuk mempercepat penanganan covid-19”, ujar Chaidir Hasballah.

Karenanya, BPI KPNPA RI Provinsi Aceh mendukung penuh upaya untuk mereposisi APBA/ABPA 2020, sebagai langkah penting untuk menyelamatkan ekonomi masyarakat yang sudah memasuki fase mengkhawatirkan.

Sebelumnya, Direktur Aceh Legal Consul (ALC) Muslim A Gani mengatakan, Refocusing Anggaran Pemerintah Daerah untuk percepatan penanganan COVID-19, sudah tidak relevan lagi di Aceh.

“Karena, penanganan Covid-19 di Aceh boleh dikatakan bukan lagi kategori darurat. Hal ini ditandai dengan rendahnya kasus covid-19 di Aceh. Kondisi di Aceh sekarang adalah darurat ekonomi, dan reposisi anggaran adalah suatu hal mendesak yang perlu dilakukan segera oleh pemerintah Aceh,” ujar Muslim A Gani.

Dikatakannya, ekonomi rakyat Aceh akan terus memburuk jika pemerintah tetap mempertahankan Perppu RI Nomor 1 THN 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Sebagaimana diketahui, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Aceh adalah tertinggi secara nasional, dengan persentase mengalahkan kesembuhan di Pulau Jawa.

Hal ini menjadikan Aceh peringkat terendah kasus covid-19, sebagaimana disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo, melalui telekonferensi, Senin (18/5/2020). (Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 272 kali

Baca Lainnya