DUNIA

Senin, 27 April 2020 - 00:30 WIB

3 bulan yang lalu

logo

PBB Ingatkan Israel Tak Manfaatkan Pandemi Covid-19 Untuk Caplok Wilayah Palestina

AFNEWS.CO.ID – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, memperingatkan Israel agar tidak memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk mencaplok wilayah Tepi Barat, Palestina. Guterres menegaskan,  langkah tersebut hanya akan memperburuk situasi yang ada.

Guterres menanggapi surat yang ditulis oleh Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmad Aboul Gheit, yang memperingatkan Israel mungkin akan mengeksploitasi pandemi covid-19 itu untuk mencaplok bagian-bagian wilayah Palestina.

“Tindakan sepihak Israel seperti itu akan membahayakan negosiasi antara kedua kelompok, serta membunuh upaya lain dari perjanjian damai,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada Minggu (26/4/2020).

Baca Juga :  Tak Revisi PP 99/2012, Jika Terjadi Kematian Massal di Dalam Lapas, Pemerintah Harus Tanggungjawab

Seperti diketahui, awal bulan ini Gheit memperingatkan bahwa ketika perhatian global dialihkan ke tempat lain di tengah pandemi Covid-19, Israel memperluas pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki.

“Israel mengeksploitasi keterikatan dunia dengan pandemi Covid-19 untuk memperluas permukiman mereka dan memaksakan realitas baru di lapangan, terutama di Yerusalem timur dan daerah sekitarnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Walikota Langsa Buka Puasa Bersama dan Galang Dana Untuk Muslim Palestina

Pada akhir Maret, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz, pemimpin partai Biru dan Putih, sepakat untuk mendeklarasikan kedaulatan Israel di Lembah Jordan dan perluasan permukiman Israel di Tepi Barat pada bulan Juni mendatang, sebagai bagian dari perjanjian mereka untuk membentuk pemerintah Israel.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya