HUKUM

Minggu, 19 April 2020 - 16:13 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Eeh..! Saleh Modus Akan Dilapor Lagi, Kasus Dugaan Pencemaran Nama Institusi TNI/Polri

AFNEWS.CO.ID – Pemred Tabloid Modus Aceh yang juga Juru Bicara Partai Aceh, Muhammad Saleh, dikabarkan akan dilaporkan lagi ke Polisi oleh Himpunan Putra-putri Angkatan Darat (HIPAKAD) Aceh, dalam kasus yang lain.

Kali ini, Saleh akan berurusan dengan hukum dalam perkara dugaan pencemaran nama baik insitusi TNI/Polri.

“Kita sedang mempersiapkan semuanya untuk melaporkan Saleh Modus ke Polda Aceh, karena diduga telah mencemarkan nama baik institusi TNI/Polri, melalui pemberitaannya tanggal 5 April 2020 yang di-posting sekitar pukul 19.40 Wib. Dalam  pemberitaan itu telah memuat foto Kapolda dan Pejabat Utama Polda Aceh, secara tidak sah dan tanpa izin,” demikian dikatakan Ketua HIPAKAD Aceh Ir. H. Muhammad Iqbal (Iqbal Piyeung), Minggu (19/4/2020).

Foto yang di-posting pada media Modus Aceh edisi 5 April 2020 pukul 19.40 Wib

Dikatakan, oknum pimpinan media tersebut  jangan bangun opini untuk merusak citra institusi TNI Polri, dan jangan merasa kebal hukum.

Sebelumnya, Modus Aceh pada 5 Arpil 2020 sekitar pukul 19.40 Wib, menurunkan berita sebagai berikut:

Setelah sempat reda dan menghilang beberapa pekan. Kini, foto Ketua Kadin Aceh H. Makmur Budiman bersama Kapolda Aceh Irjen Pol. Wahyu Widada kembali beredar di media sosial (medsos).

Entah dari mana dan bagaimana foto tersebut bisa beredar. Namun, sejumlah sumber menyebut dan memastikan, tak ada hubungan apa pun antara Jenderal Bintang Dua ini dengan Makmur Budiman. Wartawan MODUSACEH.CO, Muhammad Saleh menulisnya untuk Fokus pekan ini.

Bisa jadi, kesempatan dan beredarnya sejumlah foto tadi hanya kebetulan dan biasa saja.

Akibatnya, berbagai asumsi beredar di masyarakat. Misal, foto tersebut menunjukkan kesan seolah-olah  ada “kedekatan” antara H. Makmur Budiman dengan Kapolda Aceh Irjen. Pol. Wahyu Widada.

Sebaliknya, mungkin saja memberi pesan kepada pihak tertentu, termasuk jurnalis bahwa posisi Makmur Budiman memang figur yang memiliki hubungan baik dengan aparat penegak hukum di negeri ini, tak kecuali Aceh. 

Bahkan, sempat digadang-gadang,  H. Makmur Budiman juga memiliki hubungan dekat dengan Kepala Staf Kepresiden RI (KSP) Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan serta KASAD TNI-AD, Jenderal Andika Perkasa, tulis Modus Aceh.

Berita Modus Aceh edisi 5 April 2020 pukul 19.40 Wib

Menyikapi hal itu, Ketua HIPAKAD Aceh Iqbal Piyeung menyatakan, sebagai Lembaga tempat bernaungnya putra-putri Angkatan Darat, sangat pantas pihaknya berfoto dengan Kapolda Aceh sebagai mitra kerja. Namun anehnya dalam pemberitaan Modus Aceh,  terkesan telah menggiring petinggi di  institusi TNI/Polri kearah opini yang tidak baik sert berpotensi mencemarkan nama baik institusi alat negara.

Karena itu, sudah seharusnya HIPAKAD Aceh melaporkan Pemred Modus Aceh, Muhammad Saleh, ke Polisi agar kasus ini bisa di usut secara tuntas.

“Kami curiga ada maksud yang tidak baik dibelakang ini, sehingga rentetan atas proses tersebut berujung pada pemberitaan dan penggiringan opini miring oleh media Modus Aceh dengan memaparkan foto-foto petinggi TNI/Polri pada media bersangkutan secara tidak sah dan tanpa izin,” demikian Iqbal.(Red AF)

Artikel ini telah dibaca 2445 kali

Baca Lainnya