EKBIS

Selasa, 24 Maret 2020 - 14:14 WIB

4 hari yang lalu

logo

KNPI Langsa: Lembaga Keuangan Termasuk Leasing, Hentikan Tagihan Hingga Covid-19 Berakhir

AFNEWS.CO.ID – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Langsa, mendesak lembaga keuangan seperti perbankan, termasuk leasing, untuk dapat menghentikan tagihan kredit para nasabah untuk sementara waktu, hingga kasus wabah virus covid-19 berakhir.

“Kerjasama dari lembaga keuangan ini agar memberikan toleransi dengan tidak menagih angsuran selama dampak Covid-19 terjadi, sangat diperlukan guna menjaga stabilitas ekonomi di Kota Langsa,” demikian dikatakan Ketua KNPI Kota Langsa, Mukhtar, Selasa (24/3/2020).

Dikatakannya, pasca merebaknya wabah virus Corona di seluruh Indonesia terutama di Provinsi Aceh, Pemerintah telah menghimbau rakyat untuk lebih banyak berdiam diri di rumah masing-masing sebagai bagian dari pencegahan penyebaran covid-19.

Tentunya, kondisi ini memiliki dampak ekonomi yang sangat tidak baik bagi mayoritas masyarakat. Sehingga dibutuhkan toleransi dari berbagai lembaga ekonomi seperti perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya (leasing), untuk menghentikan sementara waktu penagihan kredit bagi para nasabah.

“Kalau di Kota Langsa ini banyak masyarakat terjerat dengan leasing, yaitu kredit sepeda motor, mobil, alat elektronik, serta alat rumah tangga. Jadi selama dampak virus Corona ini, pihak leasing harus memberikan ruang waktu yang cukup untuk menunda penagihan kredit sementara waktu,” ujar Mukhtar.

Meski demikian, Mukhtar menambahkan, bagi masyarakat yang tingkat ekonominya masih mampu membayar tagihan kredit, sebaiknya  juga jangan di tunda-tunda pembayaran, walaupun tanpa di tagih.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah menerapkan kebijakan pemberian stimulus bagi perekonomian dengan menerbitkan POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dalam keterangan pers yang diterima JurnalNews.id melalui Kantor OJK Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (20/3/2020) menyebutkan, Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical dampak Penyebaran Virus Corona ini berlaku sejak 13 Maret 2020 sampai 31 Maret 2021.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 2080 kali

Baca Lainnya