EKBIS

Selasa, 24 Maret 2020 - 11:59 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dosen IAIN Langsa: Bank Aceh Syariah  Pasti Prioritaskan Debitur Berkarakter Baik

AFNEWS.CO.ID – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa, Mulyadi Nurdin, Lc MH, Selasa (24/3/2020), mengatakan Penyaluran kredit dari Bank Aceh Syariah merupakan otoritas dari Bank tersebut  setelah melakukan analisa calon nasabah. Jika prosesnya dilakukan sesuai SOP Bank dan aturan Bank Indonesia (BI) tentu tidak ada masalah.

Apalagi di tengah anjuran BI supaya perbankan memaksimalkan penyaluran kredit, Bank Aceh Syariah tentu saja harus melakukan langkah-langkah percepatan.

Dalam proses penyaluran, yang paling penting adalah Bank Aceh Syariah  memperhatikan riwayat kredit calon debitur melalui BI Checking yang tersedia dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Setelah kredit disalurkan, Bank juga harus memantau bagaimana dengan Status kolektibilitasnya, apakah Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, atau Macet.

“Jika lancar-lancar saja tentunya tidak ada yang perlu dipersoalkan,” ujar Mulyadi.

Dikatakan, jika kredit diajukan oleh calon debitur yang memiliki karakter baik, memiliki kemampuan (capacity) mengembalikan uang, memiliki jaminan yang memadai, memiliki capital (modal) yang kuat, dan kondisi perekonomian yang aman, tentunya sudah sangat ideal untuk diberikan kredit sesuai dengan analisa dari Bank Aceh Syariah itu sendiri.

“Apalagi jika kredit Bank Aceh Syariah disertai dengan protection (Perlindungan) berupa jaminan asuransi atau lainnya, tentunya sudah sangat aman dan nyaris tanpa resiko,” tambah Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh periode 2017-2018 tersebut.

Di tengah kondisi ekonomi Aceh yang masih tergantung pada APBN/APBA/APBK, sangat diperlukan peran pengusaha dalam melahirkan industri di Aceh, untuk itu perlu dukungan dari lembaga keuangan.

Dukungan lembaga keuangan tersebut, salah satunya adalah dengan mengucurkan kredit produktif, supaya membuka lapangan kerja dan uang tidak mengendap di Bank, katanya.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 476 kali

Baca Lainnya