HUKUM

Minggu, 9 Februari 2020 - 21:17 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Berkat Bantuan Investigasi BPI KPNPA RI, DPO Kasus Korupsi Berhasil Diringkus

AFNEWS.CO.ID – Berkat bantuan Tim Investigasi BPI KPNPA RI (Agus Chepy), Kajari Cibinong dan Indramayu berhasil meringkus tersangka kasus korupsi yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama 8 (delapan) tahun.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum BPI KPNPA RI, TB Rahmad Sukendar memberikan apresiasi terhadap Tim Investigasi lembaganya serta pihak Kajari Cibinong dan Indramayu.

Sebagaimana diketahui, kasus tersebut berawal pada tahun 2012 lalu, dimana Tim Intel Kejaksaan Agung (Kejagung) RI berhasil mengamankan seorang kontraktor bernama Azwar yang sudah lama buron. Bahkan, Azwar masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) asal Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Azwar merupakan pengusaha konstruksi yang diduga telah melakukan kecurangan pada saat menggarap proyek peningkatan jalan Sukahati-Kedunghalang Cibinong pada tahun 2011. Dimana dalam proyek yang bernilai Rp 10 miliar tersebut, perusahaan Azwar telah kedapatan mengurangi volume pekerjaan jalan dan pekerjaan trotoar.

Azwar berhasil dibekuk di Hotel Orchardz, Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta pada pukul 00.30 WIB, dini hari.

Hal demikian sebagaimana diungkapkan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Adi Toegarisman yang mengakui terkait penangkapan buron Kejari Cibinong itu. ” Kami tangkap semalam ketika berada di Hotel Orchardz,” tegasnya, Kamis (20/9/2012).

Diketahui, bahwa setelah diadili di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Bogor, Azwar divonis 2 tahun, dan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT). Namun PT justru menguatkan PN Bogor. Upaya terus dia lakukan hingga kasasi ke MA, namun justru diperberat dengan vonis 6 tahun.

Saat Azwar diamankan, ia mengajukan sakit melalui Lowyernya dengan alasan mau berobat, namun ujung-ujungnya jadi buronan kembali.

Kini, tepatnya Jum’at (7/2/20) malam, atas informasi keberadaan Azwar di wilayah Indramayu, Tim Gabungan dari Kejari Cibinong Bogor bekerjasama dengan Tim Kejari Indramayu menggeruduk kediaman Azwar yang sekarang berganti nama menjadi Zullyansyah.

Azwar alias Zullyansyah dibekuk oleh Tim Gabungan Kejari Cibinong Bogor dan Kejari Indramayu di kediamannya Blok Kuwot RT/RW 001/001 Desa Jatisari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, pada Sabtu (8/2) pukul 24.13 WIB, tanpa ada perlawanan. Hal demikian seperti diungkapkan Kasi Intel Kejari Cibinong Bogor Juanda, SH, MH yang diamini Kasi Pidsus Rolando Ritonga, SH, MH.

Terkini, setelah 8 tahun buron, Azwar alias Zullyansyah langsung dibawa Tim Gabungan ke LAPAS Kelas IIB Indramayu, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 182 kali

Baca Lainnya