HUKUM

Minggu, 19 Januari 2020 - 14:48 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Anggota DPR Aceh “Tilep” Uang Rakyat, Tapi Belum Ada Yang Jadi Tersangka

AFNEWS.CO.ID – Kasus dugaan korupsi dana Beasiswa Mahasiswa Aceh yang terindikasi melibatkan beberapa oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Periode 2014-2019, merupakan fenomena memprihatinkan di bumi Iskandar Muda.

Lewat dana beasiswa tersebut, para Anggota dewan yang terhormat itu, diduga sukses “menilep” uang rakyat dengan jumlah yang tidak sedikit, secara sistematis. Namun setelah bertahun-tahun kasus itu bergulir, belum ada satu pun anggota Dewan Periode 2014-2019 yang ditetapkan sebagai tersangka oleh penegak hukum.

“Kasus ini telah kita suarakan sejak awal tahun 2018 silam. Namun proses hukumnya kami nilai masih jalan di tempat hingga saat ini. Belum ada satu orang pun anggota DPRA Periode 2014-2019 yang ditetapkan sebagai tersangka. Padahal ini jelas-jelas “perampokan” uang rakyat yang dilakukan secara terstruktur dan masif,” demikian diungkapkan Ketua BPI KPNPA RI Aceh, Chaidir Hasballah, Minggu (19/1/2020)

Dikatakan Chaidir, pihaknya sudah tidak terkejut lagi dengan berbagai statemen Polda Aceh atau aparat penegak hukum lainnya, yang selalu mendengungkan keseriusan masing-masing dalam mengungkap secara tuntas kasus dugaan korupsi dana beasiswa mahasiswa Aceh.

Namun, Chaidir menyebutkan, kasus yang telah bergulir sejak tahun 2017 lalu, hingga kini dinilai tidak ada perkembangan yang signifikan dalam pengusutannya. Belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka atau penetapan status hukum bagi para pelaku yang diduga melakukan korupsi dana beasiswa ini, katanya.

Karenanya, Chaidir Hasballah mengingatkan Kapolda Aceh agar bekerja secara cepat dan tepat dalam pengusutan perkara tersebut. Jika Polda Aceh tidak mampu menanganinya, sebaiknya berkas perkaranya dilimpahkan saja ke Mabes Polri, demikian Chaidir Hasballah.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 802 kali

Baca Lainnya