Aceh Tamiang

Minggu, 22 Desember 2019 - 10:43 WIB

3 bulan yang lalu

logo

MTQ ke VII Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang Resmi Dibuka

AFNEWS.CO.ID – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ ) ke VII Kecamatan Manyak Payed  Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019 resmi dibuka oleh Camat Manyak Payed , Mukhtar Hadi S.STP, Sabtu (21/12/2019) malam  di Komplek Mesjid Babun Najah Kampung Pandan Sari.

Dalam sambutan pembukaan ,Camat berharap event MTQ ini mampu  menggelorakan semangat kita untuk mencinta Alquran.

Lewat MTQ ini juga diharapkan dapat melahirkan qari qariah terbaik putra putri dari Kecamatan Manyak Payed  ini serta nantinya juga diharapkan mampu menjadi wakil daerah  ke event event MTQ  lebih tinggi lagi seperti ditingkat Kabupaten, Propinsi maupun ditingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kecamatan Manyak Payed Syamsul Rizal SAg  berharap event MTQ ini juga sebagai momentum untuk menjaring bibit bibit qori /qoriah dalam wilayah Kecamatan Manyak Payed.

Lanjut Syamsul Rizal yang juga Kadis Syariat Islam Aceh Tamiang ini  , dengan event MTQ yang kita gelar ini juga semakin membangkitkan semangat masyarakat untuk mencintai alquran.

Pihaknya juga berharap dengan momentum MTQ Ke VII Tingkat Kecamatan Manyak Payed ini  juga dapat mendorong dan menyukseskan  Gerakan Maghrib Mengaji yang audah dicanangkan oleh Pemkab Aceh Tamiang.

“Dengan gerakan Maghrib Mengaji ini, diharapkan nantinya akan ada anak anak dan masyarakat kita yang juga bisa kita bina  dalam ilmu alquran ini oleh LPTQ,” sebutnya.

Pihaknya juga berharap nantinya di Kecamatan Manyak Payed ini akan lahir Rumah Alquran untuk wadah membina putra/putri terbaik dan masyarakat kita dalam mempelajari Alquran dan akan lahir qari/ qariah  handal dari daerah kita tercinta ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke VII Kecamatan Manyak Payed, Tgk Abdus Syafi S.Sos dalam laporannya mengatakan MTQ ini diikuti oleh 81 peserta utusan dari 4 Kemukiman dalam Kecamatan Manyak Payed yakni Manyak Payed, Gunung Mesjid , Raja Tuha dan Tualang Cut.

Adapun cabang cabang yang dilombakan adalah Tilawah Remaja /Dewasa, MMQ Putra / i, Khat Putra/i,Tilawah Anak Anak, Syarhil Quran , Fahmil Quran dan lainnya.

Acara pembukaan MTQ yang dihadiri ratusan masyarakat dan para undangan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan shalawat badar yang dilantunkan oleh Tgk Haizir Rizki Amiruddin SAg yang baru saja sukses tampil sebagai juara dalam event MTQ Tingkat Propinsi Aceh Tahun 2019 lalu di   Kabupaten Pidie Sigli.

Juga ditandai dengan penyerahan piala bergilir  dari juara umum MTQ  sebelumnya yakni Kemukiman Manyak Payed  kepada Camat dan selanjutnya diserahkan ke Panitia untuk diperebutkan kembali.(Edy)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1392 kali

Baca Lainnya