PEHUKRIM

Rabu, 9 Oktober 2019 - 17:01 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Belum Ada Efek Jera, Korupsi di Daerah Masih Marak Terjadi

AFNEWS.CO.ID TINDAK pidana korupsi di daerah masih saja terjadi. Padahal sudah ratusan kepa­la daerah dan pejabat pemerintah daerah yang ter­jaring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, sepertinya tidak menjadikan jera juga.

KPK bahkan mencatat Jawa Barat dan Jawa Timur sebagai wilayah yang paling korup de­ngan masing-masing ada 14 ke­pala daerah yang terjerat kasus korupsi. “Total sejak KPK ber­diri sampai data terakhir per 7 Ok­tober 2019, ada total 119 ke­pala daerah yang diproses dan dita­ngani KPK. Ke-119 kepala dae­rah itu berasal dari 25 pro­vin­si. Yang paling banyak di Jawa Barat dengan 14 kepala daerah dan di Jawa Timur de­ngan 14 kepala da­erah juga. Be­ri­kutnya ada 12 ke­pala daerah di Sumatera Utara dan 10 kepala daerah di Jawa Te­ngah,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Me­rah Putih KPK, Jakarta, kema­rin.

Dari 119 kepala daerah yang diproses KPK, 47 di antaranya dari kegiatan tangkap tangan atau hanya 39,4%, sehingga ti­dak sepenuhnya benar jika se­luruh kepala daerah diproses me­lalui OTT. Febri meng­ung­kap­kan, dari 119 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi itu menjadi salah satu perhatian serius KPK guna melanjutkan upaya pencegahan korupsi. (Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 620 kali

Baca Lainnya