ACEH

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 12:41 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Nek Nam Belum “Merdeka”, Istri Walikota Akan Bantu Rehab Rumah Gubuknya

AFNEWS.CO.ID Genap 74 tahun Indonesia Merdeka, kehidupan seorang janda tua bernama Tukinam (83), warga Gampong Baroh Kecamatan Langsa Lama, kian memprihatinkan. Di usianya yang sudah renta, Nek Nam (begitu panggilan akrabnya), hidup sebatang kara di sebuah gubuk reyot yang memang tak layak huni. Ya.. Indonesia memang sudah merdeka, tapi kehidupan Nek Nam jauh dari “kemerdekaan”.

Wanita kelahiran 15 Februari 1936 ini,
dikabarkan tidak pernah mendapatkan bantuan apapun baik yang namanya PKH maupun bantuan lainnya.

Istri Walikota Langsa memeluk Nek Nam

Salah seorang staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa Agus Setiawan yang akrab disapa Agus Mandor Taman, beberapa hari lalu menemukan tempat tinggal Nek Nam yang memprihatinkan. Segera saja pria yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ini, melaporkan temuannya kepada Istri Walikota Langsa Ny Nadia Anwar, seraya menceritakan bagaimana pahit getirnya kehidupan wanita renta tersebut.

Mendapatkan laporan dari Agus Mandor Taman, Istri Walikota Ny Nadia Anwar, Jumat (16/8/2019), segera meluncur ke rumah Nek Nam untuk menjenguk warganya itu.

Kondisi rumah Nek Nam

Sesampainya di rumah Nek Nam, Ny Nadia Anwar begitu tersentuh hatinya melihat situasi rumah tempat tinggal Nek Nam. Apalagi, ketika wanita tua itu menumpahkan segala rasa dalam bentuk “curhat”, membuat sepasang bola mata indah milik istri sang Walikota Langsa ini, mulai berkaca-kaca.

Setelah mendengarkan segala curhat Nek Nam, selanjutnya Ny Nadia Anwar memberikan semangat dan motivasi untuk nenek tua itu agar tetap tersenyum dalam menghadapi kehidupan ini.

Bahkan Ny Nadia Anwar berjanji akan segera merehabilitasi rumah Nek Nam agar menjadi tempat hunian yang layak. Tak lupa, Ny Nadia Anwar pada kesempatan itu juga turut memberikan santunan sekedar untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

” Ibu Wali segera memanggil Dinas Sosial untuk melakukan pendataan kembali terhadap Nek Nam agar mendapatkan berbagai bantuan yang selama ini tidak pernah diperolehnya, termasuk memperbaiki rumahnya agar layak huni,” ujar Agus Mandor Taman yang ikut mendampingi Ny Nadia Anwar dalam kunjungannya ke rumah janda tua tersebut.

Menurut Agus, sesuai cerita Nek Nam selama ini wanita tua itu tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah terutama dari desa tempat tinggalnya.

“Padahal nenek ini sangat pantas untuk mendapatkan bantuan. Kehidupannya begitu memprihatinkan dan belum “merdeka” dari kesulitan hidup,” demikian Agus Mandor Taman.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1173 kali

Baca Lainnya