ACEH

Kamis, 29 Agustus 2019 - 15:20 WIB

9 bulan yang lalu

logo

Kota Langsa Semakin Mengukuhkan Diri Sebagai Kota Tujuan Wisata

AFNEWS.CO.ID Kota Langsa merupakan salah satu kota di Provinsi Aceh Indonesia, yang menerapkan hukum Syariat Islam. Kota Langsa berada sekitar 400 km dari kota Banda Aceh. Pada awalnya Kota Langsa berstatus Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1991 tentang Pembentukan Kota Administratif Langsa.

Kota Administratif Langsa kemudian meningkat statusnya menjadi Kota Langsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tanggal 21 Juni 2001. Hari jadi Kota Langsa ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2001. Kota Langsa juga terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner/makanan, dan kota wisata, serta memiliki berbagai ikon sejarah.

Di era kepemimpinan Walikota Usman Abdullah, Kota Langsa semakin mengukuhkan diri sebagai tujuan wisata. Hal ini dapat dilihat dari beberapa objek wisata yang sebelumnya terabaikan, kini  mendapatkan sentuhan serius dari sang pemimpin. Contohnya, taman bambu runcing, taman hutan kota, kawasan wisata hutan manggrove, serta beberapa ikon sejarah lainnya.

Taman Bambu Runcing Langsa

Untuk taman bambu runcing yang merupakan salah satu ikon Kota Langsa serta memiliki nilai historis yang tinggi, Walikota Usman Abdullah telah “menyulap” taman tersebut menjadi yang terindah di Aceh. Selain keberadaan tanaman yang tertata rapi dan selalu dalam perawatan, taman bambu runcing juga memiliki air mancur yang berwarna-warni yang di desain khusus oleh tenaga ahli.

Tak heran, jika banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang berdatangan ke taman bambu runcing  untuk berwisata sambil berselfie ria.

Menyangkut perawatan taman, Walikota Usman Abdullah memiliki personil handal yang di tempatkan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa. Personil tersebut adalah Agus Setiawan atau yang akrab disapa Agus Mandor Taman, beserta tim nya.

Pria yang berdedikasi tinggi ini telah menghabiskan banyak waktu dalam  membantu Walikota Usman Abdullah  mewujudkan keindahan Kota Langsa. Tugas dan tanggungjawabnya begitu banyak. Mulai dari melakukan perawatan tanaman di sejumlah taman terutama taman bambu runcing, Agus Mandor juga selalu mengontrol setiap tanaman agar tidak rusak atau di rusak. Tak heran, jika sampai saat ini Agus Mandor Taman yang telah berusia kepala tiga, masih berstatus lajang alias Jomblo.

Taman Hutan Kota Langsa

Sementara itu, selain Taman Bambu Runcing, kawasan wisata yang menjadi tujuan wisatawan di Kota Langsa adalah Taman Hutan Kota. Pada objek wisata ini, Walikota Usman Abdullah telah banyak membangun infrastruktur penunjang, guna menarik perhatian wisatawan. Keberadaan satwa langka yang dilindungi oleh Pemerintah, juga melengkapi indahnya hutan kota Langsa.

Pesona Hutan Manggrove Langsa

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang mengunjungi taman hutan Kota Langsa, terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap pekan nya. Dan ini dipastikan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata tersebut.

Pada bagian lain, Kota Langsa juga memiliki objek wisata Taman Hutan Manggrove. Objek wisata ini, telah dirancang oleh Walikota Usman Abdullah sedemikian rupa hingga menarik perhatian dunia. Bahkan Taman Hutan Manggrove Langsa juga  masuk sebagai salah satu nominasi peraih Anugrah Pesona Indonesia.

Pesona hutan manggrove Langsa

Keberadaan tiga objek wisata yang telah menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran Walikota Usman Abdullah ini, kini mulai menuai hasil. Bahkan dengan ketiga objek wisata anndalan tersebut, memastikan bahwa Kota Langsa semakin mengukuhkan diri sebagai Kota tujuan wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun interlokal.

Sebagai warga Kota Langsa yang bijak, mari kita jaga dan rawat bersama potensi keindahan Kota ini dengan baik, agar anak cucu kita kelak juga dapat menikmati indahnya alam Kota Langsa..(Red AF).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 1268 kali

Baca Lainnya