Pendidikan

Selasa, 6 Agustus 2019 - 16:15 WIB

1 bulan yang lalu

logo

BENTUK TIM NORMALISASI (Tim Penyelesaian Konflik Internal HMI Cabang Langsa)

AFNEWS.CO.ID – Konflik internal HMI Cabang Langsa perlu segera diselesaikan. Pendekatannya, minimal dua opsi yakni, konstitusi atau rekonsiliasi. Dalam penerapan kedua opsi ini perlu dibentuk “Tim Normalisasi konflik internal HMI cabang Langsa”.

Tim ini sangat urgen dibentuk, dan harapan kita tim ini dapat bekerja secepat mungkin agar radius konflik tidak melebar.

Kita tidak ingin organisasi dibawah bendera hijau, hitam dan putih terkoyak dan tersobek diakibatkan oleh konflik internal. Kita ingin HMI solid, dan progresif. Dan kita ingin HMI memproduksi inovasi dan melahirkan karya brilian untuk mewujudkan tujuan HMI.

Tim Normalisasi, sejatinya akan bekerja untuk memetakan masalah,  diagnosa akar persoalan agar pemicu konflik dapat diobati atau dipecahkan. Kita tidak ingin konflik batin, konflik pemikiran, konflik regulasi dan konflik mekanisme bergeser menjadi konflik fisik. Karena, apapun namanya bahwa konflik tidak menguntungkan organisasi.

Tim Normalisasi, esensinya bersifat temporal dan kontekstual. Tim ini tidak permanen, hanya bertugas menyelesaikan konflik internal. Tim ini membangun komunikasi dengan para pihak dalam konflik. Menemui,  mendengarkan, mencatat, dan kemudian mendamaikan.

Tim ini, mesti segera dibentuk, dan pembentukan Tim ini tentu harus di inisiasi oleh alumni, baik secara institusional maupun personal alumni. Karena, alumni adalah pihak yang terkait dengan HMI. Boleh saja, Tim ini dibentuk oleh senior – senior HMI. Tentu, senior- senior yang tergabung dalam Tim harus benar – benar independen, integritas, dan kredible.

Senior – senior harus berfikir produktif dan konstruktif, sehingga akan  menghasilkan keadilan bagi para pihak yang terlibat konflik. Tim Normalisasi bertujuan untuk menormalkan, dari kondisi anomali, yang dipicu oleh perdebatan konstitusi dan kepemimpinan.

Saya berharap, bahwa alumni – alumni HMI harus ikut serta menyelesaikan persoalan adik – adik, dan menunjukkan arah yang benar dalam berorganisasi. Jika bukan alumni yang turun menyelesaikan persoalan itu, siapa lagi yang akan menyelesaikannya.

Amiruddin Yahya Azzawiy
(Kader HMI Cabang Langsa ’98)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 326 kali

Baca Lainnya