Pendidikan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 15:22 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Aktivitasnya Stagnan, KAHMI Langsa Perlu di Update

AFNEWS.CO.ID Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Langsa perlu di update agar lembaga tersebut lebih produktif dan progresif. Sebab, sejauh ini Kahmi Langsa terlihat statis, hampir tidak ada aktivitas yang signifikan. Tentu, ini persoalan serius bagi sustainable organisasi.

Kahmi, bukanlah organisasi biasa, dan bukan organisasi yang tidak memiliki struktur serta sistem organisasi. Kahmi adalah organisasi besar, dan memiliki visi dan tujuan yang hendak dilakukan.

Sejauh ini, ditinjau secara empirik, maupun kinerja Kahmi sangat slowly, statis dan beku — padahal ada banyak tugas penting harus dilakukan. Misal, “pelantikan pengurus”. Belum lagi, persoalan lain, seperti “sekretariat”, tempat operasioanal organisasi.

Persoalan lain, juga muncul, yakni ; pengunduran diri Ketua Umum terpilih. Meskipun, niat mundur itu, lebih kepada “janji” yang pernah diteguhkan (diikrarkan) pada saat mencalonkan diri. Boleh saja, mundur dan tidak bersedia memimpin lagi, tetapi hal ini perlu diselesaikan dan lembaga harus terus survive.

Kahmi, sejatinya harus menjadi idol atau contoh bagi organisasi lain, khususnya kader-kader HMI yang masih aktif di Himpunan. Kahmi harus kuat, solid, dan tidak terbelah menjadi block – block kecil. Sebab, block – block kecil itu menjadi obstacle (hambatan) kerja organisasi.

Memang, tidak dipungkiri bahwa mengelola organisasi sosial itu rumit, butuh kematangan emosional dan kedewasaan berfikir. Apalagi organisasi Kahmi tidak memiliki anggaran tahunan. Meski begitu, jika dikelola dengan baik, tentu saja lembaga ini dapat digerakkan kearah pencapaian tujuan.

Pandangan diatas, sejatinya kritikan buat Kahmi Langsa. Kritikan ini, jangan dimaknai tendesius. Sebab kritikan, sejatinya adalah kontributif. Lazimnya, setiap kritikan akan menjadi stimulasi dan kekuatan untuk bangkit, dan bangkit untuk mengupdate, refresh, dan evaluasi.

Saya berharap, Kahmi Langsa bangkit dan bergerak untuk mengembangkan potensi diri, serta partisipatif dalam pembangunan bangsa dan negara.

Salam, Yakin Usaha Sampai.

DR Amiruddin Yahya Azzawiy (Kader HMI ’98)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya