Pendidikan

Senin, 15 Juli 2019 - 11:02 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pemkab Aceh Timur Datangkan Qari Internasional Untuk Evaluasi Qari-Qariah

AFNEWS.CO.ID Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Pendidikan Dayah setempat menggelar evaluasi qari dan qariah, 9-19 Juli 2019. Sebagai pelatih, dihadirkan qari internasional Ustad H Ahmad Muhajir yang datang bersama istrinya, Hj Mawaddah Abbas.

Kegiatan tersebut juga sebagai bagian dari perwujudan dari Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur yakni poin 1 & 2, antara lain, Menjalankan Syariat Islam secara kaffah dan Meningkatkan pendidikan dayah/pesantren secara terpadu.

Kadis Pendidikan Dayah Aceh Timur Saifu Nahar SAg didampingi Sekretarisnya Khairurradi Ibrahim (Khairoel JK) menyebutkan, selama ini pihaknya telah melakukan pembinaan dan sudah memasuki triwulan ketiga.

“Mereka telah mendapat pembinaan dari masing-masing lokasi. Dari 24 lokasi tersebut, maka kita pilih masing-masing tiga orang santri berprestasi untuk dievaluasi kembali,” sebutnya.

Untuk mengetahui kemampuan para santri berprestasi, pihaknya telah  mendatangkan Ustad H Ahmad Muhajir dan Hajjah Mawaddah Abbas, pasangan suami-istri  yang merupakan qari internasional.  “Ustad Ahmad dan  istrinya yang akan melatih kemabali para qari dan qariah terebut,” kata  Saiful Nahar.

Saiful Nahar menambahkan, evaluasi ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan para santri qari dan qariah, terutama kemampuan mereka membaca Al-quran.

“Evaluasi seperti ini sangat penting dilaksanakan untuk mengasah kembali kemampuan para santri qari dan qariah, agar mereka terbiasa dalam mengikuti sebuah kompetisi baik di tingkat provinsi, nasional dan internasional,” ujar Saiful Nahar.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Ustad H Ahmad Muhajir menjelaskan, qari yang baik tidak hanya mementingkan lagu dan suara dalam melafalkan Al-quran. Kitab suci itu, katanya, tetap harus dibaca dengan benar.  “Artinya, tajwid dan fasholah bacaan harus dijaga. Tajwid berhubungan dengan akurasi dan qolqolah dalam melafalkan huruf,” ujar Ustad Ahmad. (Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya