ACEH

Minggu, 30 Juni 2019 - 12:29 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Presiden InWCCA Tangani Luka Bakar Anak Usia 3 Tahun di Langsa

AFNEWS.CO.ID – Presiden perawatan luka Indonesia atau dikenal dengan Indonesia Wound Care Clinician Association (InWCCA) Ns. Edy Mulyadi, M.Kep RN, WOC(ET)N, menangani langsung perawatan luka bakar pada tubuh Putri Raisa Humaira (3) anak dari pasangan Musa Yusuf dan Erlinda, warga Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat.

Edy Mulyadi mengatakan, luka bakar yang dialami oleh korban ini kategori luka stadium dua yang harus dirawat secara intensif. Supaya luka tersebut tidak menyebar dan dalam serta tidak merusak jaringan kulit pada tubuh korban untuk kembali normal.

“Alhamdulillah, setelah kita lakukan observasi dan pemeriksaan awal, luka bakar korban kategori stadium dua ini insyaallah dapat kita tangani. Tahap awal kita lakukan pembersihan luka dari jaringan yang rusak, selanjutnya kita oleskan obat agar luka korban bersih dan tidak masuk bakteri yang dapat memperlambat proses penyembuhan,” sebut Edy.

Menurut Edy, dengan usia korban yang masih belia ini diyakini proses penyembuhan luka bakar pada tubuh korban akan cepat. Apalagi korban tetap aktif makan makanan walaupun dengan kondisi tubuh yang terbaring diatas tempat tidur.

“Untuk luka seperti ini memang harus ditangani secara tepat, agar jaringan kulit korban bisa kembali normal,” ujar Edy lagi seraya menambahkan, setelah penanganan pertama dengan pembersihan dan pengolesan obat pada luka serta membungkus tubuh korban dengan perban, korban sudah bisa memakai baju lagi dan bisa beraktifitas seperti biasa.

Sebagai informasi, bahwa tubuh mungil Putri Raisa Humaira terbakar setelah korek api yang dipegangnya menyambar baju pada tubuhnya hingga menyebabkan seluruh badan dan lengan kanannya melepuh.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat 31 Mei 2019 atau bertepatan dengan 26 Ramadhan 1440 H, dimana saat itu ayah korban Musa Yusuf sedang menunaikan shalat Jumat di mesjid gampong setempat. Sementara korban sedang bermain di kediaman wawaknya yang berjarak beberapa meter dari kediaman orang tuanya. (TIA)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 708 kali

Baca Lainnya