ACEH

Rabu, 12 Juni 2019 - 13:55 WIB

3 bulan yang lalu

logo

KNPI Langsa Gelar Diskusi Pembebasan HGU PTPN I Dengan Warga dan Perangkat Gampong

AFNEWS.CO.ID – Ketua Dewan Pimpinan Daerah KNPI Kota Langsa  Mukhtar, Amd dan rombongan, melakukan diskusi terkait pembebasan lahan HGU PTPN I dengan  warga dan perangkat Gampong Buket Rata Kecamatan Langsa Timur, Selasa (11/6/2019), di Masjid Gampong tersebut.

Kunjungan dan silaturrahmi rombongan DPD KNPI Kota Langsa disambut oleh Geuchik, Ketua Tuha Peut, Imam dan sejumlah perangkat Gampong Buket Rata, yang turut dihadiri Ketua KNPI Kota Langsa, LSM, OKP, Ormas, wartawan, Kantibmas, Babinsa, dan sejumlah masyarakat serta sejumlah unsur lainnya.

Geuchik Buket Rata Mahyuddin dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan dan silaturrahmi serta dukungan, perhatian dan partisipasi para Pemuda Kota Langsa, terkait masalah lahan yang kami hadapi di gampong ini,”ujarnya.

Dikatakannya,saat ini Gampong Bukit Rata membutuhkan lahan untuk masyarakat, begitu juga untuk, Ruang Terbuka Hijau, Aula Serba Guna, Dayah, Paud, dan Taman Kanak-kanak dan beberapa sarana lainnya.

Sebelumnya, kami telah mengusulkan kepada Walikota Langsa agar desa Bukit Rata ini bisa dibebaskan dari HGU PTPN I Langsa seluas 50.000 m2.

Hal ini kita lakukan agar dana desa bisa dipergunakan untuk kepentingan pembangunan masyarakat,”lanjutnya.

Meski kami mempunyai dana desa tidak bisa membangun apa-apa, begitu juga bila ada bantuan pembangunan dari pemerintah dan lainnya, kami tidak tau harus bangun dimana, karena tidak memiliki lahan,” ujarnya.

Semua fasilitas umum yang ada di gampong ini semua di bangun oleh Pemerintah,bahkan untuk lahan Masjid yang sudah dibangun dari swadaya masyarakat, sampai saat ini belum ada status hak/sertifikatnya dan belum diberikan oleh pihak PTPN I.

Dikatakannya lagi, dari 119 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Gampong Buket Rata, sebanyak 45 KK para pensiunan PTPN I dan tinggal dirumah kopel milik PTPNI, selebihnya para Karyawan yang masih aktif dan masyarakat beragam profesi.

Sementara, Ketua DPD KNPI Kota Langsa Mukhtar, Amd pada diskusi tersebut mengatakan, Insyaallah akan membantu memfasilitasi terkait pembebasan HGU PTPN I untuk masyarakat dan gampong Bukit Rata, baik dengan Pemko Langsa, PTPN I dan Holding dan Kementerian BUMN, Kementrian ATR/BPN dan Institusi berwenang.

Oleh karena itu kami berharap kepada Pemerintah Gampong untuk segera merumuskan perencanaan, titik koordinat, tata guna lahan agar sesuai dengan peruntukkan dan pemanfaatannya,” tambahnya.

Begitu juga terkait dukungan dan permohonan serta adminitrasi lainya.

Ketua Tuha Peut dan Khatib Masjid Gampong setempat, pada kesempatan tersebut melalui KNPI Kota Langsa dan Pemerintah Kota Langsa sangat mengharapkan bantuan untuk  memfasilitasi pembebasan lahan HGU PTPNI demi membangun setapak rumah dan untuk pembangunan desa.

Kami juga ingin mandiri dan maju seperti gampong/desa lainya yang ada khususnya di Kota Langsa,”timpalnya.(MIS)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 254 kali

Baca Lainnya