ACEH

Selasa, 11 Juni 2019 - 21:52 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Kepala DLH Langsa: Tangkap Yang Buang Sampah Sembarangan

AFNEWS.CO.ID Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa Umar SH, menegaskan pihaknya tidak akan segan-segan melakukan penangkapan terhadap pihak tertentu yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempat yang telah disediakan.

“Ini harus kita tegaskan demi menciptakan budaya bersih dan sehat di tengah masyarakat serta mewujudkan keindahan Kota Langsa,” kata Umar, Selasa (11/6/2019).

Dikatakannya, pasca lebaran Idul Fitri 1440 H, para petugas dan armada kebersihan Kota Langsa telah bekerja secara All Out untuk membersihkan setiap median jalan terutama di pusat Kota. Tumpukan sampah yang sangat mengganggu terutama di depan SMP Negeri 2 Langsa Gampong Paya Bujok Tunong Kecamatan Langsa Baroe, juga telah dibersihkan.

Padahal katanya, di depan sekolah itu sebelumnya telah disediakan bak tempat penampungan sampah, tapi pihak tertentu yg tidak diketahui identitasnya telah membakar bak tersebut.

Akibatnya, masyarakat yang telah terbiasa membuang sampah di tempat itu, akhirnya terpaksa membuang sampah begitu saja, mengingat keberadaan bak penampungan sampah tidak ada lagi.

“Bak sampah yang disediakan sebelumnya telah dibakar, dan sampah yang dibuang oleh masyarakat di depan SMP Negeri 2 Langsa itu, secara perlahan-lahan telah menutupi badan jalan dan menimbulkan aroma tak sedap yang sangat menganggu ,” ujar Umar.

Karenanya, Umar mengatakan  pihaknya akan melakukan tindakan tegas dengan cara Operasi Tangkap Tangan (OTT) bagi yang membuang sampah sembarangan dan bukan pada tempat yang telah disediakan. Selanjutnya, setelah ditangkap, maka akan diproses sesuai Qanun yang berlaku di Kota Langsa.

Dalam mewujudkan kebersihan Kota ini, Umar juga mengharapkan para perangkat Gampong harus ikut berperan aktif membantu petugas kebersihan dengan cara membina serta menghimbau warganya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, diminta agar senantiasa memelihara peralatan kebersihan, seperti bak penampungan sampah yang telah di sediakan oleh Pemerintah Kota Langsa.

“Kedepan jangan ada lagi bak penampungan sampah di Gampong-gampong yang dibakar. Ini sangat tidak baik dan merugikan masyarakat lainnya,” demikian Umat SH.

Hal yang senada juga disampaikan staf Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa, Agus Setiawan atau yang akrab disapa Agus Mandor Taman.

Dalam hal ini, Agus Mandor tetap mengingatkan dan menghimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Selain itu, Agus juga berharap masyarakat dapat membuang sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, yaitu mulai pukul 20.00 Wib sampai Pukul 07.00 Wib.

” Membuang sampah sesuai waktu yang telah ditentukan juga sangat penting untuk memudahkan petugas kebersihan mengangkut sampah guna dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sehingga kebersihan dan keindahan Kota akan tetap terjaga yang berdampak terhadap kesehatan masyarakat,” kata Agus Mandor Taman.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 2583 kali

Baca Lainnya