Kesehatan

Selasa, 14 Mei 2019 - 16:18 WIB

1 minggu yang lalu

logo

7 Makanan Favorit Nabi Muhammad Saat Buka Puasa

AFNEWS.CO.ID Berbuka puasa menjadi waktu yang ditunggu umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Segala persiapan menu makanan untuk berbuka puasa pastinya dilakukan dengan seksama di rumah masing-masing. Akibat terlalu senang mendengar bedug maghrib sebagai tanda buka puasa, terkadang seseorang ingin langsung menyantap beragam menu makanan. Padahal, hal ini tidaklah baik untuk kesehatan pencernaan.

Kesehatan lambung akan terganggu dengan adanya makanan-makanan yang kurang cocok untuk menu berbuka. Bisa menimbulkan maag, asam lambung meningkat, dan lain-lain.

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan bahwa perut terdiri dari tiga unsur di antaranya air, angin, dan makanan. Oleh karena itu, sebagai umat Nabi yang taat, ada baiknya selalu mengikuti sunnah yang diajarkanNya.

Selain mengenai porsi makan yang tak berlebihan, Nabi Muhammad juga memiliki makanan kesukaan. Makanan favorit Nabi Muhammad ini sering disantap untuk buka puasa. Apa saja itu?

1. Kurma.

Kurma menjadi makanan anjuran Nabi Muhammad SAW. Kurma sangat aman bagi kesehatan tubuh karena mengandung gula alami. Kurma juga membuat perut kenyang lebih lama. Selain sehat, kurma juga mempunyai rasa yang lezat. Salah satu jenis kurma kesukaan nabi adalah Al-Barniy.

2. Anggur.

Anggur menjadi menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW saat berbuka. Hal tersebut terkuak melalui hadis riwayat Abu Nuaim, “kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.”

Anggur mempunyai banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Buah satu ini bisa menjadi penguat jantung, liver dan paru-paru. Anggur menjadi menu yang sehat untuk disantap saat berbuka puasa.

3. Zaitun.

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda,” makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Hadis di atas memberikan intruksi kepada umat Islam agar menjadikan zaitun sebagai lauk. Zaitun mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit. Sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

4. Buah Ara.

Buah Ara disebut juga buah tin bisa menjadi menu pilihan berbuka. Buah ini sangat disukai nabi, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA bahwa nabi pernah memakan buah tersebut. Beliau bersabda bahwa buah tin adalah buah surga tanpa biji.

Buah Ara atau Tin mengandung banyak khasiat seperti mengobati sembelit, penyakit usus, lambung, bisul dan haid. Jadi, buah ini sangat pas bila dikonsumsi saat berbuka.

5. Delima.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa delima masuk dalam daftar buah surga. Hal ini tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68 yang artinya, “di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Selain itu, Buah Delima juga dipercaya dapat mengusir setan selama 40 hari.

6. Labu.

Buah labu mengandung banyak sekali air yang mencapai hingga 97 persen. Selain lezat, buah ini juga bisa menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa.

7. Melon.

Hampir sama dengan labu, melon juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikuatkan dengan hadis berikut.

Rasulullah SAW bersabda, “tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.”

Rasulullah pernah bersabda mengenai Kurma dan Melon. “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” (HR. At-Tirmidzi).

Melon dapat membantu mengusir penyakit batu ginjal dan kantung kemih. Jadi, Melon sangat aman dikonsumsi untuk santapan berbuka puasa.(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 217 kali

Baca Lainnya