NASIONAL

Kamis, 19 Juli 2018 - 12:51 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Workshop Pulbaket BPI KPNPA RI: Mengupas Soal Dugaan Korupsi Pada Institusi Pemerintah

AFNEWS.CO.ID – Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI), Rabu (18/7), menggelar Work Shop Pulbaket Tipikor sekaligus Rakernas di Merlyn Park Hotel. Kegiatan yang dihadiri oleh 150 delegasi peserta BPI KPNPA RI se-Indonesia ini, mengupas tentang berbagai dugaan korupsi yang marak terjadi pada institusi Pemerintahan.

Kegiatan itu, turut dihadiri oleh Inspektorat Kemendagri, Asrena Polri, Irjenad TNI AD, Irjen TNI AL, Irjen TNI AU, Irwasda Polda Metro Jaya, Wadir Intelkam Polda Banten, serta perwakilan dari Kodim 0506 Tangerang dan Kepolisian Resort Tangerang Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Asrena Polri menyampaikan permintaan maaf dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang tidak dapat menghadiri acara Work Shop dan Rakernas BPI KPNPA RI dikarenakan ada tugas mendadak ke Jawa Tengah, sehingga menugaskan Asrena Polri untuk menghadiri acara sekaligus memberikan kata sambutan dari Kapolri.

Dalam sambutannya, Asrena Polri mengatakan bahwa institusi Polri sangat mendukung Kinerja BPI KPNPA RI di dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) khususnya peran aktif sebagai lembaga anti korupsi di dalam mengawasi adanya dugaan penyimpangan Penggunaan Keuangan Negara.

Apalagi, kejahatan korupsi sudah sangat menggurita disetiap Instansi Pemerintah dan membutuhkan perhatian semua komponen bangsa di dalam menyikapi adanya kejahatan korupsi di NKRI yang kita cintai ini, ujarnya.

Juga ditambahkan, kepada BPI KPNPA RI untuk tidak sungkan bekerjasama dengan Satgas Anti Korupsi Polri bila ada temuan yang didukung dengan data – data akurat untuk ditindaklanjuti proses hukumnya di Kepolisian Republik Indonesia, imbuhnya.

Dalam acara Work Shop tersebut, Irjen Pengawasan Kementerian Dalam Negeri mewakili Mendagri, Irjen TNI AD mewakili KASAD maupun Irjen TNI AL yang mewakili KASAL turut memberikan sambutannya dimana dalam sambutan tersebut memberikan dukungan kepada BPI KPNPA RI sebagai Lembaga Anti Korupsi agar dapat bekerjasama di dalam peran aktifnya selaku komponen masyarakat khusus dalam pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

Acara tersebut dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional, mengusung tema Penelitian Independen terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi dan Yusuf Kalla di dalam Pemberantasan Korupsi dan Pelayanan Publik.

Dalam kesempatan Rakernas yang dihadiri dari perwakilan BPI KPNPA RI di 25 provinsi tersebut, didapat hasil rapat, bahwa berdasarkan penelitian anggota dari BPI KPNPA RI maupun hasil survey dari masyarakat, dapat kesimpulan bahwa masyarakat sangat puas dan merasakan adanya perubahan di dalam tata kelola kinerja pelayanan publik maupun pembangunan infrastruktur yang dikerjakan oleh Pemerintah dari Sabang sampai Merauke, dan hasil dari keputusan Rakernas tersebut, bahwa BPI KPNPA RI yang juga memiliki Ormas Kerukunan Lintas Agama, Forum Ulama BPI KPNPA RI serta Jokowi Macan Asia yang sudah terbentuk di 25 provinsi telah sepakat menyampaikan dukungan penuh kepada Bapak Ir H Joko Widodo untuk dapat melanjutkan jabatan di Periode 2019 sebagai Presiden Republik Indonesia sampai dengan 2024, dan juga dari BPI KPNPA RI akan menyampaikan secara langsung hasil keputusan Rakernas kepada Presiden Jokowi di Istana Negara dalam waktu dekat ini.

Peran aktif yang sudah dilakukan BPI KPNPA RI adalah telah melaksanakan kegiatan penelitian terhadap kinerja Bupati, Walikota, Gubernur, Kapolda, Kajati dan Pangdam dalam hal kepuasan publik terhadap pelayanan kepada masyarakat, dan dari BPI KPNPA RI telah memberikan Piagam serta Plakat Award BPI KPNPA RI kepada beberapa Kapolda, Kajati, Kakanwil Kumham, Bupati, Walikota dan Gubernur serta Tokoh Mayarakat dan Tokoh Nasional di bulan Januari 2017 lalu.

BPI KPNPA RI juga telah dapat menghantarkan beberapa kasus Tindak Pidana Korupsi dan kasusnya tersebut sudah mendapatkan “Vonis Hukum Tetap” dari Majelis Hakim Tipikor di Jakarta, dan juga melalui Forum Ulama BPI KPNPA RI telah turut serta berperan aktif didalam “Cipta Kondisi” dengan mengadakan zikir dan bersholawat untuk kemaslahatan umat di 7 provinsi dengan dihadiri ribuan peserta dari para Ulama, Majelis Ta’lim, Pondok Pesantren maupun masyarakat luas juga dihadiri oleh Muspida setempat.

Penghargaan Award BPI KPNPA RI yang telah disampaikan secara langsung kepada Irjen Pol Drs H Fakhrizal Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat, Irjen Pol Drs H Muchlis AS Kepala Kepolisian Derah Jambi, Irjen Pol Drs Paulus Waterpau Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara, Kepala Kepolisian Republik Indonesia diwakili Sahli Kapolri Irjen Pol Drs Ike Edwin, SH.MH, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat DR Setia Untung Ari Muladi, Kepala Kejaksaan Tinggi NTT DR H Sunarta, SH.MH, dan beberapa Kepala Kejaksaan Negeri dalam hal kepuasan publik dan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 385 kali

Baca Lainnya