Pendidikan

Senin, 9 Juli 2018 - 17:29 WIB

2 tahun yang lalu

logo

USU dan ATL Sumut akan Gelar Workshop Pengusulan Program Kajian Tradisi Lisan

AFNEWS.CO.ID – Universitas Sumatera Utara (USU) dan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Sumatera Utara (Sumut) akan mengelar Workshop Pengusulan Program Kajian Tradisi Lisan yang bertemakan: Strategi Kebudayaan di Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (19/07/2018) yang direncanakan dimulai pukul 09.00-selesai di Gedung Sekolah Pascasarjana (SPS) USU Lt. 3. Workshop ini menghadirkan pembicara utama yaitu Pudentia, MPSS yang merupakan Ketua Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Pusat dan Prof. Dr. Robert Sibarani, MS yang juga Direktur Sekolah Pascasarjana USU Medan.

Dari leaflet didapat AFNEWS.CO.ID berisikan informasi yang menyebutkan bahwa seiring dengan perjalanan waktu, kekayaan tradisi etnis di Indonesia mulai tergerus oleh invasi modernisasi. Geneasi muda mulai melupakan bahkan meninggalkannya. Kepeduliaan masyarakat umum terhadap kekayaan tradisi etnis juga semakin menurun dan salah satu faktor penyebabnya adalah arus globalisasi yang menerpa masyarakat Indonesia sedemikian kuatnya. Kaum intelektual, generasi muda, dan masyarakat perlu melakukan berbagai upaya sistematis untuk melindungi, mengembangkan, memanfaatkan, dan membina kekayaan tradisi etnis yang merupakan identitas dan modal budaya bangsa Indonesia.

Salah satu kekayaan tradisi etnis adalah tradisi lisan atau tradisi budaya berupa tradisi adat-istiadat, berwacana rakyat (seperti cerita rakyat, nyanyian, mantra, peribahasa, pantun, teka-teki), tradisi arsitektur, pengobatan, dan sebagainya.

Untuk menyikapi arus globalisasi dan terpinggirkannya kekayaan tradisi lisan atau tradisi budaya itu perlu dibuka suatu program studi Kajian Tradisi Lisan (KTL) di Sekolah Pascasarjana USU dan KTL itu merupakan kelanjutan program S-2 dan S-3 KTL yang ditumpangkan DIKTI ke Program Linguistik USU sejak tahun 2009-2014. Program KTL ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu (multidisciplinary studies). Karena sifatnya kajian multidisiplin, KTL dapat memberikan nuansa baru tentang bagaimana pengetahuan asli (indigenius knowledge) atau kecerdasan lokal (local genius) di Indonesia dapat dilindungi, dikembangkan, dimanfaatkan, dan dibina. Dengan demikian, KTL menampung berbagai perspektif kajian untuk dapat berkontribusi dalam membangun bangsa.

Melalui sebuah diskusi panel tentang “Pengusulan Program Kajian Tradisi Lisan” yang bertemakan ”Strategi Kebudayaan di Indonesia”, para peserta akan mendapatkan gambaran umum tentang pentingnya tradisi lisan dalam berbagai aspek pembangunan di Indonesia sekaligus juga turut berpartisipasi mendorong pembukaan Program S2/S3 KTL di Sekolah Pascasarjana USU.

Bentuk Kegiatan:

  • Seluruh penyaji wajib mengirimkan tulisannya paling lama tanggal 17 Juli 2018 ke ATL-SUMUT

Peserta dan Biaya Pendaftaran:

  • Pengurus ATL-SUMUT : Rp 200.000
  • Anggota ATL non-Alumni KTL : Rp 200.000
  • Alumni KTL non-Pengurus ATL : Rp 150.000
  • Mahasiswa KTL : Rp 100.000
  • Peminat ATL non-Anggota ATL : Rp. 150.000
  • NB : Seluruh peserta mendapatkan Seminar kit, snack, makan siang dan sertifikat

Nara Hubung :

  • Alemina : 081361439125
  • Wiwik : 081361105559
  • Yessy Octavianna : 081371511820
  • Nenni T. : 081263633179

Tempat Pendaftaran :
Biaya pendaftaran bisa ditransfer ke rekening :
Bank mandiri : 106-00-10987876  a.n Yessy Octavianna

Atau ruang administrasi, gedung K-03, lt. 2 Pascasarjana USU (Wiwik),
Sekretariat ATL-SUMUT
Jln. Ayahanda no. 43 B Medan
Email : atlsumut@yahoo.com & ipmi_64@yahoo.com

(Red AF)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 306 kali

Baca Lainnya