12.000 Orang Setiap Tahun Meninggal Akibat Narkoba – afnews.co.id

ACEH

Kamis, 26 Juli 2018 - 09:19 WIB

2 tahun yang lalu

logo

12.000 Orang Setiap Tahun Meninggal Akibat Narkoba

AFNEWS.CO.ID – Berdasarkan hasil survey Nasional penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi di Indonesia Tahun 2017 yang dilakukan oleh BNN bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia, diperoleh angka Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba mencapai angka 1,77 persen dari total penduduk Indonesia. Atau, dari 3.376.115 orang kelompok usia 10-59 tahun, terdapat 12.000 orang meninggal sia sia setiap tahunnya akibat penyalahgunaan Narkoba.

Hal itu disampaikan Kepala BNNK Langsa AKBP. Navry Yulenni, SH, MH membaca sambutan kepala BNN Komjen Pol. Drs. Heru Winarko. SH pada peringatan hari anti narkotika Internasional yang berlangsung di Aula pertemuan Cakra Donya Langsa, Kamis, (26/7)

Lebih jauh disampaikannya, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ditengah masyarakat menunjukan kecenderungan semakin meningkatnya korban dan meluas, terutama dikalangan anak anak, generasi muda, oknum aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota kepolisian, kepala daerah, hingga lingkungan pasantren.

Navri juga mengatakan,penggunaan teknologi internet untuk perdagangan dan peredaran gelap narkoba meningkat, baik dari segi nilai transaksinya maupun jenis yang diperdagangkan.

Dijelaskan, munculnya jenis jenis narkoba baru atau New Psychoactives Subtances (NPS) turut menambah tantangan dan hambatan dalam upaya menaggulangi permasalahan narkoba.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh UNODC dalam World Drug Reports tahun 2017, sejak tahun 2009 sampai tahun 2016, telah terdeteksi sebanyak 739 jenis narkoba baru yang beredar di dunia yang dilaporkan oleh 106 negara.

“71 jenis diantaranyanya telah beredar disini (red-Indonesia), dimana sebanyak 65 jenis sudah diatur dalam peraturan Menkes nomor 7 tahun 2018 tentang oerubahan penggolongan narkorika, sedang yang 6 jenis belum duatur,” ujarnya

Menurutnya, menghadapi kondisi ini BNN bersama seluruh komponen bangsa secara serius melaksanakan kegiatan nyata perang melawan narkoba, sebagai salah satu upaya dalam mewujudkab masyarakat Indonesia bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba, imbuhnya. (MIL)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya