Sengketa Pilkades : Setelah Somasi Camat, Dua Calon Geuchik di Langsa Lakukan Gugatan Hukum – afnews.co.id

HUKUM

Selasa, 12 Juni 2018 - 05:45 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Sengketa Pilkades : Setelah Somasi Camat, Dua Calon Geuchik di Langsa Lakukan Gugatan Hukum

AFNEWS.CO.ID – Dua calon Geuchik di Kota Langsa masing-masing Jawahir Calon Geuchik Gampong Teulaga Tujoh dan Khairul Amri Wahi Calon Geuchik Gampong Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat, dikabarkan segera melakukan gugatan hukum dalam perkara dugaan penyimpangan pelaksanaan Pemilihan Geuchik di Gampong mereka masing-masing. Bahkan sebelumnya kedua Calon Geuchik melalui Kuasa Hukumnya telah melayangkan surat somasi terhadap Camat Langsa Barat guna menyelesaikan sengketa hasil pemilihan Geuchik di dua Gampong itu.

Namun, Camat Langsa Barat dalam surat balasannya, terkesan buang badan atas perkara tersebut, sehingga penyelesaian kasus itu berujung ke proses hukum.

Kuasa Hukum Calon Geuchik dari Aceh Legal Consult (ALC) Muslim A Gani SH & Hasan Basri SH, Selasa (12/6), mengatakan pada tanggal 7 Juni lalu pihaknya telah mengajukan surat Somasi terhadap Camat Langsa Barat terkait berbagai kecurangan atau penyimpangan dalam tahapan pemilihan Geuchik Gampong Teulaga Tujoh dan Gampong Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat.

Melalui Somasi itu, Aceh Legal Consult memaparkan beberapa dugaan penyimpangan dan kecurangan dalam Pemilihan Geuchik di dua Gampong tersebut, yang telah merugikan klien nya.

Karenanya, untuk mencegah konflik yang lebih luas ditengah masyarakat, Muslim A Gani berharap perselisihan dan/atau keberatan yang berkaitan dengan hasil pemilihan Geuchik harus segera ditindaklanjuti oleh Camat dan Imum Mukim.

Dalam surat somasinya, Muslim A Gani atas nama Klien (Dua Calon Geuchik) memberikan batas waktu tiga hari agar sengketa hasil pemilihan Geuchik di kedua Gampong itu dapat diselesaikan oleh Camat Langsa Barat dan Imum Mukim. jika tidak, maka pihaknya akan menempuh jalur hukum yang diperlukan, sesuai dengan Peraturan Perundang undangan baik secara pidana maupun secara perdata, ungkap Muslim.

Sementara menanggapi Somasi Dua Calon Geuchik, Camat Kecamatan Langsa Barat Drs Mardani M.AP melalui surat nya Nomor 140/543/2018 tanggal 8 Juni 2018, menyebutkan proses pemilihan Geuchik merupakan kewenangan dari Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) sesuai dengan Pasal 6 Qanun No 4 Tahun 2009. Terkait persoalan surat suara sah atau tidak, maka hal itu mengacu pada ketentuan pasal 40 Permendagri No 112 tahun 2014, tulis Mardani.

Menyikapi jawaban somasi yang disampaikan Camat Kecamatan Langsa Barat, Kuasa Hukum Calon Geuchik, Muslim A Gani SH & Hasan Basri SH berasumsi jawaban tersebut mengambang dan terkesan Camat “buang badan” atas perkara Sengketa pemilihan Geuchik di Gampong Teulaga Tujuh dan Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat. Karena dianggap tidak menyelesaikan masalah, maka Muslim A Gani SH mengatakan pihaknya atas nama Klien akan segera mendaftarkan gugatan atas persoalan ini, untuk di proses secara hukum. (Red AF)

Artikel ini telah dibaca 113 kali

Baca Lainnya