Calon Geuchik Gampong Jawa Langsa Tolak Hasil Pemilihan – afnews.co.id

ACEH

Minggu, 13 Mei 2018 - 15:28 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Calon Geuchik Gampong Jawa Langsa Tolak Hasil Pemilihan

Teuku Fadli

AFNEWS.CO.ID – Calon Geuchik (Kepala Desa) Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota menolak hasil Pemilihan Geuchik Gampong tersebut yang dilaksanakan secara serentak di Kota Langsa pada 9 Mei 2018 lalu. Pasalnya, ditemukan berbagai indikasi kecurangan dalam proses pemilihan Geuchik dimaksud.

Calon Geuchik nomor urut 3 Gampong Jawa Langsa Teuku Fadli, Minggu (13/5), mengungkapkan, berbagai persoalan kecurangan dan ketidakadilan telah terjadi dalam proses pemilihan Geuchik Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota. Diantaranya, masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang amburadul, seperti terdapatnya pemilih ganda di beberapa Dusun terutama Dusun Jawa Tengah dan Dusun Jawa muka II.

Terus, tersusup nya nama pemilih Dusun Jawa Tengah ke Dusun Jawa Muka II. Sehingga, saksi TPS 9 tidak menandatangani hasil pemilihan karena tidak sesuai antara surat suara dengan DPT, kata Teuku Fadli yang akrab di sapa Popon ini.

Tak hanya itu, lanjut Popon, banyaknya para pemilih aktif yang tidak mendapat undangan tapi ditolak oleh KPPS ketika memilih dengan menggunakan KTP. “Dalam hal ini KPPS mengaku pemilih yang menggunakan KTP tidak terdaftar dalam DPT,” ujarnya.

Soal surat suara, Popon mengaku sangat dirugikan karena lipatan surat suara begitu rumit dan hanya menampilkan beberapa calon saja. Diduga ada andil besar para Kepala Dusun yang ikut bermain untuk memenangkan calon tertentu.

“Panitia P2G dan panitia KPPS tidak melakukan sosialisasi tentang tata cara pencoblosan surat suara dengan baik dan benar kepada para saksi. Alat peraga atau contoh surat suara tidak di tempel oleh panitia pemilihan geuchik. Sehingga para pemilih tidak tau bentuk surat suara,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, Teuku Fadli menyatakan pihaknya dengan tegas menolak hasil Pemilihan Geuchik Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota, dan meminta pihak Panitia untuk segera menggelar pemilihan ulang. Selain itu, Popon juga mengharapkan kepada pihak berwenang agar mengusut tuntas berbagai dugaan kecurangan atas pemilihan Geuchik Gampong Jawa Langsa ini. (ZAL)

Artikel ini telah dibaca 102 kali

Baca Lainnya