Sekda Aceh Timur Harus Tanggungjawab Atas Dugaan Korupsi di Beberapa Dinas – afnews.co.id

ACEH

Senin, 19 Maret 2018 - 08:48 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Sekda Aceh Timur Harus Tanggungjawab Atas Dugaan Korupsi di Beberapa Dinas

Sekda Aceh Timur, Ichsan Ahyat

AFNEWS.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Timur Ichsan Ahyat selaku Koordinator kuasa pengguna anggaran pada setiap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), dinilai harus bertanggungjawab atas dugaan korupsi di beberapa Dinas dalam lingkungan Pemerintah Aceh Timur, yang kasusnya kini masih dalam penanganan aparat hukum. Karena itu, pihak Kejaksaan Negeri Idi diminta untuk turut memeriksa Sekda Aceh Timur tersebut, sehingga pengungkapan berbagai kasus dugaan korupsi di Aceh Timur bisa terungkap secara tuntas.

Beberapa sumber, Senin (19/3), menyebutkan, Sekda Aceh Timur merupakan koordinator kuasa Pengguna Anggaran bertugas mengkoordinir semua anggaran yang di kelola SKPK. Yang bersangkutan (Sekda) mempunyai peran penting dan strategis sesuai dengan PP no 58 THN 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri no 13 THN 2006 tentang Pedoman Keuangan Daerah. Sehingga, berbagai penyalahgunaan anggaran yang terjadi di setiap SKPK bukan hanya Kepala Dinas saja yang patut disalahkan, melainkan Sekda adalah pihak yang paling bertanggungjawab atas persoalan tersebut. Ujar sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Menurutnya, dalam kasus dugaan korupsi yang melanda beberapa Dinas di Aceh Timur, tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan Sekda baik secara langsung maupun tak langsung. Untuk memastikannya, maka sebaiknya aparat penegak hukum juga ikut memeriksa Sekda Aceh Timur dalam beberapa perkara dugaan korupsi Aceh Timur yang sedang dalam proses hukum.

“Ya Sekda Aceh Timur adalah orang pertama yang harus bertanggungjawab atas perkara itu, karena posisi jabatannya sebagai koordinator kuasa pengguna anggaran,’ demikian ujar sumber.(ZAL)

Artikel ini telah dibaca 108 kali

Baca Lainnya