POLITIK

Senin, 26 Maret 2018 - 07:31 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Sari Endra: 4 Pilar Membangun Gampong Karang Anyer Langsa

Sari Endra yang biasa disapa dengan sebutan Indet

AFNEWS.CO.ID – Sari Endra namanya. Sekilas mendengar nama tersebut tergambar sosok cerdas dan berwibawa. Benar saja, pria tampan kelahiran 16 Juli 1972 ini memang cerdas dan memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi. Kepeduliannya terhadap sesama telah memotivasi Sari Endra untuk berbuat lebih banyak bagi kepentingan umum.

Di lingkungan tempat tinggalnya kawasan Gampong Karang Anyer, Kecamatan Langsa Baro, Sari Endra yang biasa disapa dengan sebutan Indet, dikenal sebagai sosok yang santun dan taat beribadah. Meskipun pergaulannya begitu luas serta tidak memandang golongan dalam bergaul, namun Sari Endra tetap memegang teguh etika dalam bermasyarakat.

Tak heran, jika banyak warga Gampong Karang Anyer yang merasa simpati, mendatanginya untuk meminta yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai Geuchik (Kepala Desa) Karang Anyer pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang tahapannya sedang berjalan. Meskipun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Sari Endra menerima permintaan warga dan ikut mencalonkan diri sebagai Geuchik Gampong Karang Anyer pada Pilkades ini dengan nomor urut calon 4 (empat).

Bagi Indet, nomor 4 bukan hanya sekedar angka biasa, tetapi memiliki makna yang strategis dalam membangun gampong. Artinya, 4 pilar akan dijadikan konstruksi awal oleh Indet untuk membangun Gampong Karang Anyer, jika dirinya nanti dipercayakan oleh warga terpilih sebagai Geuchik (Kepala Desa) Karang Anyer.

Menurut Indet, keempat pilar yang dimaksud adalah mewujudkan masyarakat Gampong Karang Anyer yang MAJU, SEHAT, SEJAHTERA, dan ISLAMI.

Dari 4 pilar yang menjadi program prioritas Sari Endra untuk membangun Gampong Karang Anyer Kecamatan Langsa Baroe ini, dapat diterjemahkan sebagai berikut :

1. MAJU: Guna mewujudkan Gampong Karang Anyer yang lebih maju, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tingkat pendidikan yang memadai. Karenanya jika nanti menjadi Geuchik, Sari Endra akan mendorong warganya terutama generasi muda, untuk terus meningkatkan pendidikan yang lebih baik. Jika terkendala dengan biaya, Indet juga akan berupaya membantu mencari jalan keluar.

“Yang penting jangan sampai ada anak-anak Karang Anyer yang tidak sekolah. Karena masa depan Gampong Karang Anyer terletak di tangan generasi muda,” ujarnya

2. SEHAT: Kesehatan seluruh warga merupakan pondasi awal untuk membangun Gampong. Karenanya, Sari Endra telah menyiapkan program kerja yang serius dalam mewujudkan warga Karang Anyer yang sehat.

“Kita harapkan tingkat kesehatan warga dapat terjaga terutama bagi anak-anak. Gampong Karang Anyer harus bebas dari persoalan gizi buruk atau penyakit lain yang rentan menyerang warga,” katanya.

3. SEJAHTERA: Kesejahteraan erat kaitannya dengan kemandirian. Kemandirian individu warga dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi yang positif, akan memberikan dampak pada ketahanan pangan keluarga sejahtera. Menciptakan berbagai peluang agar warga Karang Anyer lebih mandiri, adalah hal yang harus disegerakan. Pemberdayaan ekonomi masyarakat akan terus di dorong dengan pengelolaan dana desa Lebih tepat sasaran dan akuntabel. Secara terperinci Sari Endra mengatakan nantinya akan menyusun secara khusus program pemberdayaan ekonomi masyarakat Gampong Karang Anyer guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

4. ISLAMI: Seiring dengan status keistimewaan Aceh sebagai salah satu daerah yang menjalankan Syariat Islam di Indonesia, penerapan Gampong Karang Anyer yang Islami adalah kewajiban bersama. Menurut Sari Endra, mewujudkan Karang Anyer Islami merupakan bentuk ketaqwaan terhadap sang pencipta. Selain itu, keislaman dan kearifan lokal lainnya juga akan membentengi warga dari hal-hal bersifat negatif seperti peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta berbagai bentuk kriminalitas lainnya.

“Nantinya kita akan mengandeng para ulama, tokoh masyarakat dan “orang tua” gampong untuk bersama-sama berkontribusi dalam mewujudkan Karang Anyer yang Islami,” ujar Indet.

Mungkin 4 pilar tersebut adalah sebagai platform awal yang akan dijalankan oleh Sari Endra jika dirinya terpilih menjadi Geuchik Gampong Karang Anyer. Dalam mewujudkan semua itu, Indet menyadari tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan serta dukungan seluruh elemen masyarakat desa terutama Tuha Peut, Imam desa, Keplor/Kepling, dan perangkat desa lainnya.

“Jadi nomor urut 4 yang diberikan pada saya dalam daftar calon Geuchik Karang Anyer ini, sangat relevan dengan dasar-dasar pemikiran saya dalam membangun Gampong. Untuk itu saya mohon dukungan seluruh warga Karang Anyer untuk memilih Calon Geuchik nomor 4,” demikian Sari Endra. (ZAL)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 221 kali

Baca Lainnya