Sports

Senin, 5 Maret 2018 - 05:13 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Offroad Adventure Eksekutif Merusak Tanaman Penghijauan di Tujuh Kabupaten/Kota

AFNEWS.CO.IDHobby senang-senang para eksekutif zaman sekarang berupa offroad adventure yang melintasi tujuh kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh, ternyata telah merusak hutan penghijauan dibeberapa titik seperti di Bener Meriah. Sementara Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) III yang bertanggungjawab terhadap kelestarian hutan penghijauan di tujuh kabupaten/kota ini terkesan tidak mau ambil pusing. Kabarnya KPH III pura-pura tidak tahu efek dari kegiatan offroad adventure tersebut yang telah merusak tanaman penghijauan.

Ini dikarenakan para peserta offroad adventure tersebut didominasi oleh para pejabat eksekutif dari beberapa kabupaten/kota di Aceh antara lain Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Timur, Gayo Lues, dan Takengon.

Berdasarkan informasi yang diperoleh AFNEWS.CO.ID, dalam kegiatan offroad adventure eksekutif ini terdapat suatu aktifitas pembuatan jalan (trex-trex) dengan menggunakan alat berat agar memudahkan mobil peserta Ofroad bisa melintasi hutan Aceh. Sementara track yang dibuat berada pada lokasi pengihijauan KPH III, tepatnya di lokasi penghijauan/manger sampai ke akhir lokasi penghijauan.

Sebenarnya, segala bentuk kegiatan apa pun dalam kawasan hutan dilarang, apa lagi di kawasan penghijauan seperti di Paya Rebol Kabupaten Bener Meriah.

“Mohon dengan segera ditindaklanjuti, karena menurut pendapat kami kegiatan offroad adventure ini memiliki kepentingan lain yang telah merusak tanaman penghijauan dilokasi, serta secara tidak langsung alat berat tersebut telah memasuki kawasan hutan terlarang,” ujar warga setempat.

Sementara itu Kepala KPH III, Darmi S.Hut MT yang ditanyai AFNEWS.CO.ID, Senin (5/3), membantah asumsi miring yang ditujukan kepadanya terkait dugaan kerusakan kawasan penghijauan di hutan dalam wilayah tanggungjawabnya, akibat kegiatan offroad adventure.

Menurut Darmi, pihaknya akan segera menindaklanjuti informasi yang ada dengan menurunkan tim ke lapangan. “Ya kita akan turunkan Tim untuk cross check informasi ini,” katanya. (ZAL)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 230 kali

Baca Lainnya