HUKUM

Rabu, 7 Maret 2018 - 15:17 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Muslim A Gani: Kejari Idi Seharusnya Tahan Bendahara Dinas Pendidikan Aceh Timur

Direktur Eksekutif Aceh Legal Consult (ALC), Muslim A Gani, SH

AFNEWS.CO.ID – Untuk memudahkan proses penyidikan dan pemeriksaan alat bukti terhadap kasus dugaan korupsi dana sertifikasi guru di Aceh Timur, Kejari (Kejaksaan Negeri) Idi diminta untuk transparan dalam melakukan penyidikan. Bahkan demi pengamanan barang bukti, Kejari Idi seharusnya sudah bisa menahan Bendahara Dinas Pendidikan Aceh Timur bernama Hijrah Saputra, agar semua proses hukum atas perkara tersebut tidak kabur.

Ini mengingat berbagai alat bukti termasuk transaksi keuangan yang mencurigakan di Dinas tersebut, dikhawatirkan bisa saja dihilangkan sewaktu-waktu. Apalagi dana sertifikasi guru Aceh Timur jatah amprahan Desember 2016 sampai saat ini masih raib dengan alasan belum dikirim oleh Pemerintah Pusat ke Kas Daerah Aceh Timur, demikian dikatakan Direktur Eksekutif Aceh Legal Consult (ALC) Muslim A Gani SH, Rabu (7/3).

Menurut praktisi hukum ini, kasus dugaan korupsi dana sertifikasi guru di Aceh Timur sudah menjadi perhatian publik. Karenanya, pihak Kejaksaan Negeri Idi jangan main-main dan harus transparan dalam mengusut kasus tersebut.

“Seharusnya Kejari Idi sudah bisa menahan Bendahara Dinas Pendidikan Aceh Timur Hijrah Saputra. Ini penting guna memudahkan pengamanan alat bukti,” kata Muslim A Gani.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur Abdul Munir kepada AFNEWS.CO.ID, Kamis (22/2), mengatakan, dana sertifikasi guru jatah amprahan Desember 2016 memang tidak bisa dibayar karena dananya tidak dikirim oleh Pemerintah Pusat.

Menurut Muslim A Gani, Pemerintah Pusat dalam hal ini “kementerian pendidikan itu bukan pajak ikan” tak ada surat menyurat disana’ mekanisme keuangan dalam pemerintahan kalau ada yang ditunda atau tidak dibayar dipastikan ada surat pemberitahuan resmi dari kementerian terkait yang menyatakan dana sertifikasi T.A 2016 untuk bulan Desember 2016, satu bulan tidak dibayar atau ditunda pembayaran.

Namunpun begitu Muslim menambahkan pihaknya akan coba mengungkap kasus ini secara transparan melalui kementerian terkait sudah atau memang belum dikirim sebagaimana yang disampaikan Kadis Pendidikan Aceh Timur.

“Kami akan susul langsung ke Jakarta untuk memastikan kemana dana sertifikasi guru Aceh Timur jatah amprahan Desember 2016. Kepada para guru di Aceh Timur kami minta bersabar. Semua akan terang pada waktunya,” demikian Muslim A Gani. (ZAL)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 559 kali

Baca Lainnya