Mantan Kombatan GAM: Kalau Mau Bukti Dugaan Korupsi Bupati Aceh Timur, Jumpai Saya – afnews.co.id

ACEH

Kamis, 22 Maret 2018 - 08:54 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Mantan Kombatan GAM: Kalau Mau Bukti Dugaan Korupsi Bupati Aceh Timur, Jumpai Saya

Mantan Kombatan GAM Aceh Timur, Syarifuddin alias Bang Kumis

AFNEWS.CO.ID – Ditengah gencarnya berbagai elemen masyarakat Aceh Timur menyuarakan berbagai ketimpangan keuangan dan pembangunan dalam upaya pemberantasan korupsi di Aceh Timur, ternyata masih ada suara sumbang berbau “menjilat” yang berusaha mengambil tempat dan manfaat “diketiak” penguasa. Anehnya, suara sumbang itu lahir dari individu tertentu (bukan LSM atau lembaga non Pemerintah lainnya), yang berusaha menggiring opini untuk membela para pelaku korupsi di Aceh Timur.

“Kalau mau bukti korupsi di Aceh Timur kemari jumpai saya”, demikian dikatakan salah seorang mantan Kombatan GAM Aceh Timur Syarifuddin alias Bang Kumis, Kamis (22/3).

Dikatakannya, berbagai indikasi dan dugaan korupsi di Aceh Timur secara faktual memang benar adanya. Ini bisa kita lihat dari sekian lama pengelolaan anggaran di Aceh Timur sejak pemekaran Wilayah (Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Tamiang), kehidupan masyarakat Aceh Timur tidak berubah. Rakyat masih tetap miskin dan tidak sejahtera. Malah yang sejahtera adalah para pejabatnya, ujar Bang Kumis.

 

Mantan Kombatan GAM Aceh Timur, Syarifuddin alias Bang Kumis

Menurutnya, selama ini tidak ada yang berani menyuarakan korupsi di Aceh Timur hingga akhirnya Abd Hadi Abidin alias Adi Maros melalui lembaganya Aceh Human Foundation (AHF) terpaksa harus buka suara. Bahkan suara lantang Adi Maros yang disusul elemen masyarakat lainnya dalam menyuarakan korupsi di Aceh Timur, sangat elegan dengan menyerahkan pengusutan korupsi yang dimaksud kepada pihak aparat penegak hukum.

“Tidak ada tuduh menuduh disini. Semua indikasi dugaan korupsi yang disuarakan Adi Maros memang harus ditindaklanjuti oleh aparat hukum,” kata Bang Kumis.

Dalam hal ini, yang membuat Bang Kumis heran adalah ketika ada individu tertentu yang mengaku bernama Yunan Nasution, berusaha menggiring opini “menjilat” untuk membela koruptor.

“Yunan Nasution ini siapa sih? apa dia LSM kah? aparat penegak hukum kah? atau berasal darimana dia? Kalau mau “menjilat” cari tempat lain jangan di Aceh Timur,” katanya.

Terkait indikasi dan dugaan korupsi di Aceh Timur, Bang Kumis menegaskan jika individu tertentu yang mengaku bernama Yunan Nasution ini meminta bukti dugaan korupsi yang disuarakan oleh Adi Maros, itu adalah salah alamat. Karena membuktikan sebuah korupsi itu bukan kepada individu tertentu melainkan dihadapan Pengadilan atau aparat penegak hukum.

“Jadi, Yunan Nasution ini siapa dan dari mana??? Kalau, Dia secara pribadi minta bukti atas berbagai penyimpangan keuangan dan pembangunan di Aceh Timur, jumpai aja saya biar dikasi bukti sekaligus mengajarkan dia bagaimana beretika yang baik,” demikian Bang Kumis.

Sementara pada bagian lain, Yunan Nasution dikabarkan telah dilaporkan kepada pihak Kepolisian Polres Langsa terkait kasus pencemaran nama baik pada seseorang. Bahkan Surat Panggilan dari Polres Langsa No:B/200/III/2018 telah dilayangkan kepada yang bersangkutan meskipun pada panggilan pertama tersebut Yunan Nasution tidak memenuhi panggilan Polisi. Kepolisian Polres Langsa dikabarkan segera melayangkan surat panggilan kedua sampai ketiga. Jika Yunan Nasution tidak juga memenuhi panggilan tersebut, maka Polres Langsa akan mengupayakan pemanggilan paksa terhadap individu tersebut. (ZAL)

Artikel ini telah dibaca 2.500 kali

Baca Lainnya