ACEH

Sabtu, 17 Februari 2018 - 06:28 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Soal Rekruitmen PPK dan PPS, KIP Aceh Timur Harus Tegas Jalankan Aturan

AFNEWS.CO.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur diminta untuk tegas dalam menjalankan aturan. Soal rekruitmen anggota PPK dan PPS yang dilakukan oleh KIP Aceh timur harus mengacu kepada ketentuan yang sudah ada yaitu UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu. Demikian dikatakan Direktur Eksekutif LSM Gerakan Masyarakat Partisipatif (GeMPAR) Aceh Auzir Fahlevi, Sabtu (17/2).

Dikatakannya, hal ini perlu dilakukan dengan tegas oleh KIP Aceh Timur agar semua tahapan Pemilu yang sedang dilaksanakan tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun terutama yang berkepentingan terhadap proses perekrutan anggota PPK dan PPS.

” Komisioner KIP Aceh timur harus mengedepankan aspek integritas dan kompetensi dalam meloloskan calon anggota PPK/PPS‎.keberadaan PPK dan PPS. Ini amat menentukan kualitas pemilu kedepan. Jangan sampai nanti anggota PPK dan PPS yang direkrut, tidak tahu apa-apa dengan aturan pemilu” kata Auzir.
Apalagi, lanjut Auzir, nantinya anggota PPK dan PPS akan berhadapan langsung dengan masyarakat dalam proses sosialisasi tentang pemilu. Selain itu, dalam komposisi anggota PPK dan PPS, KIP Aceh Timur jangan sampai mengabaikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen sebagaimana amanah UU Nomor 7 tahun 2017.

Karenanya Auzir Fahlevi mendesak KIP Aceh Timur untuk menyegerakan proses rekrutmen anggota PPK dan PPS ini secara tepat waktu karena masa kerja anggota PPK dan PPS ini dihitung mulai tanggal 9 maret 2018 sampai dengan 16 juni 2019 berdasarkan PKPU nomor 7 tahun 2017.

“Jadi nantinya proses tahapan, program dan jadwal pelaksanaan Pemilu khususnya di Aceh Timur berjalan sesuai target,” demikian Auzir Fahlevi. (ZAL)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 231 kali

Baca Lainnya