ACEH

Selasa, 20 Februari 2018 - 05:58 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Perangkat Desa Ikut PPK/PPS di Aceh Timur Langsung Gugur

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Iskandar A. Gani

AFNEWS.CO.ID – Perangkat Gampong (Desa) di Aceh Timur yang ikut sebagai penyelenggara Pemilu seperti PPK dan PPS akan langsung digugurkan. “Kita tidak ada tawar menawar dalam menerapkan aturan disetiap tahapan Pemilu. Para perangkat desa memang tidak dibenarkan untuk ikut sebagai calon anggota PPK dan PPS. Makanya kita langsung gugurkan mereka,” demikian dikatakan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur Iskandar A. Gani, Selasa (20/2).

Dikatakan Iskandar A. Gani, saat ini KIP Aceh Timur sedang menyelesaikan tahapan rekruitmen PPK/PPS. Sedikitnya 5662 peserta yang ikut sebagai calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Aceh Timur telah dilakukan seleksi secara ketat. Hasilnya, pada hari ini, Selasa 20 Februari 2018, KIP Aceh Timur mengumumkan hanya sebanyak 3078 peserta calon anggota PPS yang dinyatakan lulus uji tulis. Dalam tahapan ini, masyarakat Aceh Timur juga diminta untuk menyampaikan saran dan tanggapannya terhadap calon anggota PPS yang telah dinyatakan lulus uji tulis itu.

“Yang lulus uji tulis ini nantinya akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu wawancara, sebelum akhirnya difinalkan,” ujar Iskandar.

Dikatakannya, dalam proses tahapan Pemilu di Aceh Timur termasuk soal rekruitmen PPK/PPS, KIP Aceh Timur tetap komit dengan menjalankan setiap tahapan Pemilu 2019 sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.

“Jadi kita ingin tegakkan aturan yang sebenarnya di Aceh Timur ini. Budaya lama yang tidak benar disini akan kita pangkas tuntas. Tak ada titip menitip orang untuk di dudukkan sebagai anggota PPK/PPS. Kalau ingin lulus, ya buktikan dan tunjukkan kualitas yang baik,” kata Iskandar.

Khusus untuk perangkat desa yang mencoba mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi anggota PPK/PPS, Iskandar A. Gani mengatakan pihaknya akan bersikap tegas dan langsung menggugurkan perangkat desa tersebut dari pencalonannya, demikian Iskandar A Gani. (ZAL).

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 244 kali

Baca Lainnya