HUKUM

Kamis, 15 Februari 2018 - 07:55 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Kajati Perintahkan Jajarannya Telusuri Dana Sertifikasi Guru Aceh Timur Yang Raib

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh, Chairul Amir

AFNEWS.CO.ID – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh Chairul Amir memerintahkan jajarannya dalam hal ini Asintel Kejati Aceh dan Kajari Aceh Timur, untuk segera menelusuri dugaan raibnya dana seritifikasi guru di Aceh Timur jatah amprahan Desember 2016. “Ya informasi ini akan kita teruskan pada Asintel dan Kajari Aceh Timur untuk ditindaklanjuti,” demikian dikatakan Kajati Aceh Chairul Amir kepada AFNEWS.CO.ID, Kamis (15/2).

Sebagaimana diketahui, Milyaran rupiah dana sertifikasi milik guru di Aceh Timur jatah amprahan bulan Desember 2016, diduga raib entah kemana. Pasalnya, hingga tahun 2018 ini, para guru di Aceh Timur hanya menerima amprahan dana sertifikasi untuk tahun 2017 saja. Sedangkan satu bulan lagi dana sertifikasi ditahun 2016 belum juga diterima.

Salah seorang guru di Aceh Timur yang minta tidak disebutkan namanya kepada AFNEWS.CO.ID, Rabu (31/2), mengungkapkan, setiap tahun dana sertifikasi yang seharusnya diterima oleh guru di Aceh Timur adalah sebanyak empat kali dan diamprah uangnya setiap tiga bulan sekali. Namun untuk tahun 2016, guru di Aceh Timur hanya menerima dana sertifikasi tersebut sebanyak tiga kali. Pada amprahan bulan Desember 2016, satu bulan dana sertifikasi guru tidak dibayar.

“Padahal dana itu diberikan oleh pemerintah untuk kami agar kinerja kami dalam mendidik anak bangsa bisa lebih baik. Tapi nyatanya hak kami bisa hilang. Ini kan aneh,” ujar guru tersebut.

Dilanjutkannya, seharusnya satu bulan lagi jatah dana sertifikasi milik guru di Aceh Timur pada amprahan Desember 2016, segera dibayar dan jangan digelapkan.

“Dana sertifikasi untuk saya saja satu bulan sekitar Rp 3.200.000. Bayangkan jumlah guru bersertifikasi di Aceh Timur yang mencapai ribuan orang, sudah berapa uang nya. Milyaran rupiah juga kan jumlahnya. Kemana itu uangnya,” kata guru tersebut dengan nada kesal.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur Abdul Munir yang ingin didapat konfirmasinya terkait masalah ini tidak berhasil ditemui. Sampai berita ini diturunkan, AFNEWS.CO.ID belum memperoleh klarifikasi dari dinas terkait. (ZAL)

Artikel ini telah dibaca 447 kali

Baca Lainnya