Pendidikan

Sabtu, 17 Februari 2018 - 06:19 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Inilah Berkah Membaca Alqur’an

AFNEWS.CO.ID – Dikisahkan, ada seorang ulama berguru kepada seorang ulama. Selang beberapa waktu dia ingin lebih dalam mempelajari ilmu tentang agama dengan cara melanjutkan belajar keguru lainnya.

Sebelum Ia berangkat, gurunya berpesan, “Jangan tinggalkan membaca Alquran, semakin banyak membaca Alquran, urusanmu semakin mudah,” ujar gurunya.

Wasiat gurunya itupun dilaksanakan dengan sebaik baiknya oleh simurid yakni membaca Alquran 3 s.d 10 Juz perhari, dan urusannya semakin mudah. Karena Allah yang mengurus semua urusannya.

Waktupun semakin berkah, pertanyaannya adalah apa yang dimaksud dengan berkahnya waktu, yakni dapat melakukan segala hal yang baik dalam waktu yang sedikit itulah berkahnya Alquran.

Alquran membuat kita mudah mengefektifkan manajemen waktu, bukan waktu yang mengatur kita, akan tetapi kita yang mengatur waktu.

Teorinya orang yang membaca Alquran menghabiskan banyak waktu seperti mengurangi waktu kegiatan lainnya.

Tapi Allah Subhana Wataala yang membuat itu semua menjadi berkah hingga menjadi begitu efektif dan hidup pun efektif

Juga Allah Subhana Wataala akan mencurahkan banyak berkah dan kebaikan pada diri kita karena membaca Alquran. Salah satu berkahnya adalah membuka pintu kebaikan, membuka kesempatan untuk amal shalih berikutnya.

Salah satu balasan bagi amal shalih yang kita lakukan adalah kesempatan untuk smal kebaikan berikutnya.

“Jagalah Allah, maka Allah akan menjagamu”

Sebaliknya waktu yang selalu sibuk sehingga hanya tercurah semata terhadap urusan duniawi, bisa jadi itu adalah tandanya ada yang salah dalam hidup kita.

Barang siapa yang bangun dipagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah olah Ia tidak melihat hak Allah Subhana Wataala dalam dirinya. Maka Allah Subhana Wataala akan menanamkan 4 (Empat) macam penyakit pada manusia itu yakni :

(1). Kebingungan yang tiada putus putusnya. (2). Kesibukkan yang tidak pernah jelas akhirnya. (3). Kebutuhan yang tidaj pernah merasa terpenuhi. (4). Khayalan yang tidak berujung wujudnya. (HR. Muslim)

Terkadang pada manusia yang merupakan makhluk ciptaan Allah mengetahui dan menyadari bahwa Alquran adalah petunjukNya.Tetapi mengabaikannya.

Saat kita bermuhasabah tanyalah pada diri sendiri, lebih banyak untuk membaca Alquran atau membaca status Facebook, twiter, koran dan Instagram, waktu yang kita pergunakan selama ini

Jika lebih banyak pada yang kedua, sungguh kita nyata dalam kesesatan dan merugi.

Selamat membaca Alquran dan beraktifitaslah dengan berkah Alquran.

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 169 kali

Baca Lainnya