ACEH

Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:03 WIB

2 tahun yang lalu

logo

436 Bidan PTT Aceh Timur Hampir Setahun Tak Terima Gaji

Direktur Eksekutif Aceh Legal Consult (ALC), Muslim A Gani

AFNEWS.CO.ID – Sekitar 436 bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Aceh Timur dikabarkan sudah hampir setahun tidak menerima gaji terhitung sejak Maret 2017 hingga sekarang. Padahal para bidan PTT tersebut selama ini telah bekerja keras di tempat kerja masing-masing, termasuk bidan yang bertugas di daerah terpencil.

Menurut keterangan para bidan PTT Aceh Timur yang minta tidak disebutkan namanya, Sabtu (24/2), saat ini mereka sudah sangat kesulitan dalam menjalankan tugas sebagai bidan terutama yang bertugas di daerah terpencil. Karena, sejak bulan Maret 2017 hingga sekarang mereka belum terima gaji. Bahkan kehidupan ekonomi para bidan PTT sudah sangat memprihatinkan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mereka terpaksa berhutang kesana kemari.

“Sekarang kami tidak tahu harus berhutang kemana lagi karena hutang sudah bertumpuk. Sementara gaji kami belum dibayar sampai sekarang. Jadi kami mohon Pemkab Aceh Timur untuk segera membayar gaji kami ini,” ujar para bidan PTT tersebut.

Dilanjutkan mereka, akibat tertunggaknya gaji itu, kinerja para bidan terutama yang bertugas di daerah terpencil mulai terganggu. Sehingga dikhawatirkan akan berakibat terhadap menurunnya tingkat pelayanan kesehatan di wilayah tugas masing-masing bidan.

“Bagaimana kami bisa bekerja dengan maksimal sementara kami harus putar otak memikirkan nasib dapur kami yang mulai terancam,” demikian ujar para bidan.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Aceh Legal Consult (ALC) Muslim A Gani, Sabtu (24/2), meminta Pemkab Aceh Timur agar segera membayar gaji dan tunjangan lainnya milik bidan PTT, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Apalagi, Kementerian Kesehatan RI telah menganggarkan penghasilan baik berupa gaji maupun insentif kepada dokter maupun bidan PTT yang diangkat menjadi CPNS Daerah, sampai dengan Februari Tahun 2017. Karenanya Pemkab Aceh Timur harus membayar penghasilan CPNS mulai bulan Maret 2017 sesuai dengan Surat Kementerian Kesehatan RI No: KP.01.01/IV/153/2017 tanggal 16 Februari 2017. Selain itu sesuai dengan Surat Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Nomor :800/8827/2017 tanggal 16 Oktober 2017 yang meminta kepada seluruh Bidan PTT di Aceh Timur untuk tetap melaksanakan tugasnya di lokasi tugas masing-masing selama proses CPNS berlangsung.


“Jadi tidak ada alasan hak-hak bidan PTT selama mereka bekerja tidak dibayar. Pipis saja di terminal bayar. Kenapa bidan PTT yang sudah bekerja hampir setahun tidak dibayar. Dibawa kemana uangnya itu,” ujar Muslim A Gani.
Karena itu Muslim A Gani mengatakan pihaknya masih menaruh kepercayaan terhadap Kejaksaan Negeri Idi untuk segera mengusut kasus ini sebelum Aceh Legal Consult melaporkan persoalan tersebut ke Kejaksaan Tinggi Aceh dan Kejaksaan Agung RI, demikian Muslim A Gani. (ZAL)

Artikel ini telah dibaca 707 kali

Baca Lainnya