EKBIS

Rabu, 31 Januari 2018 - 14:44 WIB

1 tahun yang lalu

logo

BTN Tak Ikut Pembiayaan Rumah FLPP, Begini Tanggapan REI

AFNEWS.CO.ID – Real Estate Indonesia (REI) terus berkomitmen untuk menyediakan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tak tanggung-tanggung pada tahun 2018 REI menargetkan bisa membangun 250.000 unit rumah MBR.

Namun, banyak yang tahu jika pembangunan tersebut akan terhambat karena berkurangnya skema pembiayaan perumahaan untuk MBR. Bagaimana tidak, pada tahun ini Bank BTN memutuskan untuk tidak ikut serta dalam program pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengatakan pihaknya tidak terlalu memusingkan terkait sumber pembiayaan perumahan MBR yaitu FLPP yang berkurang. Karena menurutnya hal tersebut bukanlah tanggung jawab pengembang melainkan pemerintah.

“Intinya yang penting kita mengerjakan porsi pemerintah dan kita mengerjakan yang kita. Yang penting kita sama pemerintah mempunya misi yang sama untuk mempercepat penyediaan rumah,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat DPP REI, Jakarta, Rabu (31/1/2018).
Lebih lanjut Eman mengatakan, tidak masalah skema pembiayaan mana yang nantinya akan dipakai oleh pemerintah. Yang terpenting dan terpercaya adalah bunga kredit saat akad tidak kurang dan lebih dari 5%.

“Kita tidak terlalu memikirkan sumber uangnya dari mana yang penting saat akad kredit 5% bunganya. Yang penting PPhnya 0%,” jelasnya.

Lebih Tinggi dari Industri Perbankan, Tabungan BTN Tumbuh 27,83%

Sebagai informasi, pada tahun 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan pembiayaan perumahaan sebanyak 611.500 unit. Jumlah tersebut meningkat hampir 300 rumah dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun rinciannya adalah penyaluran bantuan pembiayaan perumahaan dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar 42.000 unit dan Subisidi Selisih Bunga (SSB) sebesar 225.000 unit. (okz)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Baca Lainnya