ACEH

Rabu, 31 Januari 2018 - 13:17 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Awan Juga Diprediksi Selimuti Super Blue Blood Moon di Aceh

AFNEWS.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang memprediksi cuaca sebagian wilayah Aceh nanti malam akan cerah berawan. Masyarakat disejumlah kabupaten di Tanah Rencong dapat menyaksikan fenomena langka Super Blue Blood Moon.

Kasi Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Zakaria, mengatakan, berdasarkan pengamatan dari citra satelit Himawari, sejumlah tempat di Aceh saat ini terlihat cerah berawan. Hanya beberapa daerah yang terdapat sel awan Comulonimbus

“Hanya Aceh Jaya, Singkil dan Aceh Tenggara yang sedikit ada nampak sedikit sel awan Comulonimbus,” kata Zakaria saat berbincang dengan detikcom, Rabu (31/1/2018).

BMKG memprediksi, masyarakat yang tinggal di beberapa kabupaten kota di Aceh dapat menyaksikan gerhana bulan. Pengamatan gerhana di Banda Aceh dilakukan di dua lokasi.

Kantor Wilayah Kemenag Aceh melakukan pengamatan di halaman kantor dengan menyediakan 10 unit teleskop. Di sana, pemantauan terbuka untuk masyarakat umum. Sementara BMKG menggelar di atas gedung TDMRC Ulee Lheue Banda Aceh.

“Jadi dari dasar itu kami memprediksikan nanti malam disebagian besar wilayah Aceh dapat diamati gerhana bulan termasuk Banda Aceh, Sabang, sebagian Aceh Besar bagian utara,” jelas Zakaria.

Kemenag Aceh menyerukan masyarakat Aceh untuk menggelar salat gerhana. Di Kanwil Kemenag, salat salat gerhana (khusuf) akan diimami Ustad Ivan Aulia dan Khatib, Dr. Saifullah Yunus.

“Sehubungan dengan peristiwa gerhana bulan, selain pemantauan, juga melaksanakan shalat Khusuf di Kanwil, kami juga mengimbau kepada masyarakat Aceh untuk melaksanakan ibadah salat sunnah khusuf di Masjid, mushalla, dayah atau tempat keramaian lainnya pada waktu tersebut di atas, atau dapat dilaksanakan setelah salat Isya secara berjamaah,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh M. Daud Pakeh. (dtk)

Facebook Comments

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya